Kabar Gembira, Poltekkes Kemenkes Pontianak Hadir di Sintang

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno

SINTANG, KN – Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang menyambut baik hadirnya Program Studi Diploma-III Keperawatan Sintang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak.

“Pemkab Sintang menyambut baik, karena dunia pendidikan ini sangat penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia untuk menyongsong Indonesia Emas 2045 dan Indonesia sendiri diramalkan Negara terbesar nomor lima didunia,” ujar Jarot saat Grand Opening Program Studi Diploma III Keperawatan Sintang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak, di Kampus Akper Sintang, Kamis (18/3/2021).

Dikatakan Jarot, dengan hadirnya Program Studi Diploma III Keperawatan Sintang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak ini, diharapkan dapat membantu para siswa yang orang tuanya kurang mampu.

“Program Studi Diploma III Keperawatan Sintang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Pontianak inikan milik pemerintah, jadi biayanya sedikit lebih murah,” ucap Jarot.

Jarot juga mengatakan Kabupaten Sintang saat ini sangat membutuhkan para tenaga kesehatan. Pasalnya Kabupaten Sintang merupakan Rumah Sakit Rujukan untuk penyakit tropis, bagi Kabupaten Melawi dan Kapus Hulu.

“Dengan adanya Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum berakhir, dan kita dipaksa untuk New Normal, Maka tenaga kesehatan sangat kita butuhkan,” ungkap Jarot.
Direktur Poltekes Kemenkes Pontianak, Didik Hariyadi mengatakan dengan hadirnya Prodi D III Keperawatan ini bisa membawa manfaat yang besar, bagi para siswa-siswi yang ingin kuliah Kesehatan di Wilayah Timur Kalimantan Barat.

“Pendidikan kesehatan dibawah Kemenkes itu tidak hanya bertanggung jawab kepada pendidikannya saja, namun juga bertanggung jawab terhadap riset, pembelajarannya, termasuk bertanggung jawab terhadap pengabdian kepada masyarakatnya,” terang Didik.

Didik menjelaskan, Poltekkes Kemenkes Pontianak dituntut untuk terus bekerjasama dengan Pemerintah Daerah terutama terkait dalam program-program Pengembangan pengentasan masalah kesehatan diseluruh kabupaten di Kalimantan Barat.

“Saat ini Poltekkes Kemenkes Pontianak memiliki empat kampus , di Pontianak ada dua Kampus, Singkawang satu kampus, dan terakhir ada di Kabupaten Sintang ini,” beber Didik.

Poltekkes Kemenkes Pontianak, kata Didik, sampai saat ini sudah memiliki tiga belas program studi dengan enam jurusan.

“Sebanyak lima Prodi yang sudah terakreditasi A dan sisanya terakreditasi B,” pungkasnya. (Fr/D2)