Kapolda, Kesiap Siagaan Kunci Utama Kesuksesaan Pilkada 2020

oleh

PONTIANAK, KN – Tahapan penyelenggaran Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 saat ini sudah mulai kembali berjalan. Kesiap siagaan menjadi kunci utama dalam kesuksesaan penyelenggaraan Pemilu. Hal ini disampaikan Kapolda Kalbar Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto S.H.,M.Si saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 di wilayah Provinsi Kalbar.

Rakor diadakan di Mapolda Kalbar, pada Rabu 8 Juli 2020. Di hadiri Gubernur Sutarmidji, Pangdam XII/Tanjungpura yang diwakili Kapok Sahli Brigjen TNI Ita Jayadi, Ketua KPU Provinsi Kalbar Ramdan, Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansayah dan Kesbangpol Provinsi Kalbar yang diwakili Hermanus.

“Indeks Kerawanan Pemilu tahun 2020 yang terbaru hingga saat ini belum keluar, namun apapun hasil dari Indeks Kerawanan Pemilu apakah dalam kondisi Rawan atau tidak, saya harap itu jangan dijadikan acuan utama” kata Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto

Jenderal bintang dua ini menegaskan bahwa yang utama ialah harus siap siaga menghadapi segala bentuk potensi kerawanan dan ancaman dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

Ia mengharapkan dalam rapat koordinasi ini, para peserta yang terdiri dari jajaran KPU dan Bawaslu penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2020, beserta jajaran Dandim dan Kapolres yang diwilayahnya melaksanakan Pilkada dapat memanfaatkan kegiatan diskusi ini dengan maksimal.

Diketahui pada tahun 2020, terdapat 7 Kabupten di Kalbar melaksanakan pemilihan kepala daerah.

“Manfaatkan Rakor ini dengan baik terkait dengan kesiapan dalam penyelenggaraan tahapan-tahapan sesuai dengan tupoksinya secara matang sehingga dalam pelaksanaan Pilkada 2020 dapat berjalan dengan aman dan lancar” tambah Kapolda Kalbar

Dalam kesempatan ini, Polda Kalbar melalui Direktur Reserse Kriminal Umum juga memaparkan mekanisme Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) dalam menanganai masalah pelanggaran tindak pidana Pemilu. (Rls)