Kapolres Sintang Turun Langsung Kelokasi Banjir di Kayan Hilir

oleh
Kapolres Sintang, AKBP John H Ginting Bersama Anggota Meninjau Lokasi Banjir di Kecamatan Kayan Hilir. Poto: Humas Polres Sintang

SINTANG, KN – Pagi-Pagi mendapat laporan dari anggotanya yang berada di Mapolsek Kayan Hilir bahwa sejumlah desa dan Kantor Mapolsek terendam banjir, Kapolres Sintang, AKBP. John Halilintar Ginting, siangnya langsung menuju Kecamatan Kayan Hilir untuk melihat langsung situasi di Kecamatan Kayan Hilir, Minggu (12/7/2020) kemarin.

Rombongan yang menggunakan mobil dari Sintang, tidak serta-merda tiba di Ibukota Kecamatan dengan mulus, bahkan mereka harus berjalan kaki dan turun naik perahu motor untuk mencapai Ibukota Kecamatan.
Di Ibukota kecamatan, kedatangan Kapolres Sintang dan rombongan disambut langsung oleh Kapolsek Kayan Hilir, Iptu Sudayat.

Di Kayan Hilir, Kapolres bersama rombongan langsung meninjau sejumlah lokasi banjir. Saat rombongan sampai di Mapolsek Kayan Hilir, Kapolres Sintang sontak terkejut. Pagar depan Mapolsek sudah hampir sepenuhnya terendam banjir. Tempat cuci tangan yang disediakan di lingkungan Mapolsek tampak mengambang di area depan Mapolsek, karena terbawa air dan anggota belum sempat mengamankannya dikarenakan masing-masing sibuk evakuasi warga yang membutuhkan pertolongan.

“Kami sejak pagi langsung turun membantu beberapa warga yang membutuhan evakuasi. Sejak saat itu kami belum berhenti karena air pasang begitu dengan cepat” terang Iptu Sudayat.

Sementara Kapolres Sintang AKBP. John H Ginting mengatakan “Saya kaget, tadi pagi saya pantau di laporan anggota, bahwa Mapolsek Kayan Hilir baru sepinggang di genangi air, tapi sorenya saya datang pagarnya sudah habis terendam air.

“Kita ikut prihatin dengan kondisi seperti ini, semoga saja air segera surut, karena jika berlama-lama kondisi ini akan menimbulkan dampak-dampak lain yang tidak kita inginkan,” ujar Kapolres.

Kapolres berpesan dengan anggota jajaran di Mapolsek Kayan Hilir, agar bersinergi juga dengan mitra yang lain seperti TNI dan pemerintah kecamatan, untuk membantu warga terdampak.

“Mulai dari mitigasi titik-titik rawan, titik-titik evakuasi, lalu lakukan pemantauan yang intensif, bila perlu langsung turun tangan bantu evakuasi warga. Perhatikan juga keselamatan diri saat bertugas. Jaga kesehatan semuanya, selama beberapa hari ini adalah perjuangan berat bagi kita semua karena bencana banjir ini” pungkas Kapolres. (Hr/DD)