Kelompok Wanita Tani di Sidodadi Diharapkan Terus Berkembang

oleh

SINTANG, KN – Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J menghadiri penilaian lomba pemanfaatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) di Dusun Sidodadi Desa Binjai Hulu Kecamatan Binjai Hulu pada Jumat, 17 September 2021.

Yustinus J merasa bangga atas apa yang sudah dilakukan oleh kaum wanita di Desa Binjai Hulu dalam mengupayakan ketahanan pangan di lingkungan keluarga.

“Semangat untuk meningkatkan ekonomi keluarga oleh ibu-ibu di sini dengan memanfaatkan pekarangan rumah bisa menjadi contoh bagi ibu-ibu di daerah lain. Apa yang sudah dilakukan oleh ibu-ibu disini, bisa menjadi tempat belajar bagi ibu-ibu didaerah lainnya,” kata Yustinus.

Dengan adanya kebun sayur di pekarangan rumah ini, kata dia maka keluarga sudah tidak perlu membeli sayur lagi. Bahkan menurutnya bisa dijadikan hiburan dan rekreasi juga. Ketika keluar rumah, dapat melihat sayuran yang hijau.

“Saya berharap apa yang sudah dilakukan oleh ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani di sini, terus dikembangkan. Bahkan kalau bisa ditularkan ke desa lainnya. Apalagi di kondisi pandemi ini, kita harus tetap aktif, kreatif, produktif dan sehat. Terima kasih kepada para penyuluh yang sudah mendampingi para petani kita,” harap Yustinus J

Sekretaris Desa Binjai Hulu, Slamet Asmuni merasa senang, karena desa Binjai Hulu sudah mendapatkan program pemerintah pusat berupa Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga kami khususnya dalam hal meningkatkan ekonomi keluarga. Melalui kegiatan ini, warga kami menjadi semangat dalam memanfaatkan pekarangan rumah. Bahkan tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan keluarga akan sayur, tetapi juga sudah bisa dijual,” jelas Slamet Asmuni.

Kedepan, karena diperbolehkannya dana desa untuk membiayai program ketahanan pangan, maka program ini akan dimasukan penganggarannya pada APBDes untuk tahun 2022 mendatang. Untuk tahun ini, kata dia belum bisa dianggarkan, karena pihaknya belum melakukan rapat RKPDes. Ditahun 2022 juga pihaknya, sudah menganggarkan dana desa untuk pencegahan stunting yang juga berkaitan dengan ketahanan pangan.

“Program P2L ini, kami harapkan berkelanjutan. Dan bahkan di desa kami nanti, tidak hanya satu KWT saja, tetapi juga akan dibentuk KWT lain di setiap dusun. Kami Pemerintah Desa Binjai Hulu sangat berterima kasih atas program P2L ini,” tukasnya. (*)