Kominfo dan BPS Rangkul Media Sukseskan Sensus Penduduk 2020 di Sintang

oleh
oleh

SINTANG, KN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang menggelar konferensi Pers dalam rangka sosialisasi sensus penduduk Tahun 2020, Rabu (12/2/2020).

Menurut Kepala BPS Sintang, Mochamad Su’udi, sensus penduduk akan dimulai tahun 2020 dan dibagi dalam dua tahap.

Tahap pertama yaitu sensus penduduk secara online dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020 secara mandiri di alamat website yang telah ditentukan oleh BPS.

Selanjutnya untuk tahap kedua dilanjutkan pada Juli secara tradisional atau wawancara langsung menggunakan kuesioner untuk melengkapi seluruh pencacahan.

“Bagi penduduk yang tidak bisa daftar secara online pada bulan Februari-Maret, petugas akan mendatangi penduduk atau sensus penduduk wawancara pada bulan Juli 2020, dan kita siapkan petugas untuk mendata penduduk Kabupaten Sintang Sekitar 700 an petugas dan akan di latih dalam mendata penduduk” kata Su’udi.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sintang, Kurniawan mengatakan peran serta media, baik cetak maupun elektronik sangat penting dalam mensukseskan sensus penduduk tahun 2020 di Sintang.

“Tanpa bantuan media, Kurniawan meyakini sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali itu tidak akan terlaksana sesuai dengan harapan dan target” kata Kurniawan.

Oleh sebab itu Kurniawan mengharapkan kepada rekan-rekan media khususnya di Kabupaten Sintang untuk terus memberikan wawasan dan penjelasan soal sensus penduduk kepada masyarakat Kabupaten Sintang sebab masyarakat percaya dengan pemberitaan-pemberitaan di media massa,” harap Kurniawan. (*)