Letakan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Islah, Bupati Minta NU Sintang Kompak

oleh

SINTANG, Bupati Sintang, Jarot Winarno melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Islah Nahdlatul Ulama Kabupaten Sintang, di Desa Ransi Dakan, Kecamatan Sungai Tebelian, Minggu (7/3/2021).

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Islah ini bertepatan dengan kegiatan Gebyar Harlah NU ke-97 tahun 1442 Hijriah di Ponpes Al Iman Sungai Tebelian.

Hadir pada acara tersebut Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Muhammad Riska Wahab, Ketua KONI Kabupaten Sintang, Muhammad Chomain Wahab, Pengurus PCNU Kabupaten Sintang dan unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan apresiasi atas proses pembangunan Masjid Al Islah Nahdlatul Ulama Kabupaten Sintang ini. Untuk itulah dia berharap, Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sintang bisa Islah sesuai dengan nama masjid yang akan di bangun ini.

“Saya sudah hampir 36 tahun di Sintang, nda pernah liat NU Kabupaten Sintang ini berjalan kompak. Kedepannya harus lebih kompak lagilah”ucap Jarot.

Oleh sebab itulah, saya ingatkan kepada pengurus NU Sintang, bahwa islah harus di mulai dari Pengurus Cabang atau PC terlebih dahulu, Kalau PC nya slegean gimana mau islah, tutur Jarot.

Selain itu, Jarot juga turut memberikan apresiasi bahwa keberadaan NU di Kabupaten Sintang sudah memberikan kontribusi besar untuk turut merawat keberagaman di Kabupaten Sintang dan mempelopori moderasi dalam beragama, yang pada akhirnya menjaga persatuan dan kesatuan NKRI.

“tentunya pemerintah akan mensuport kegiatan-kegiatan yang bisa mempertahankan kesatuan NKRI, apa lagi yang di motori oleh Nahdlatul Ulama”tutupnya.

Sementara itu Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sintang, Saiuful Anam menjelaskan Masjid Al-Islah Nahdlatul Ulama Kabupaten Sintang ini dibangun diatas tanah yang di wakafkan oleh salah seorang hamba Allah.

“Diberinya nama Masjid Al Islah ini dengan tujuan agar NU di Kabupaten Sintang ini bisa islah baik secara intern maupun extern dengan seluruh komponen bangsa yang ada di Kabupaten Sintang ini” jelas Anam.

Pihaknya memohon doa restu dan dukungan dari semua pihak yang hadir agar proses pembanguan Masjid Al Islah ini cepat selesai. Sehingga kedepan bisa di fungsikan sebagaimana mestinya rumah ibadah.

“Sesuai dengan namanya Al Islah, mudah-mudahan NU semakin solid dan bersatu, adapun dinamika yang terjadi dalam organiasai itu hal yang biasa. Mudah-mudahan juga dengan harlah NU ini semakin solid”kata Anam.

Momentum Harlah NU ini juga lanjut Anam, NU Sintang siap berbenah secara struktural dari tingkat kabupaten sampai ke tingkat ranting. Kemudian banumnya, lembaganya semua di benahi. “Setelah berbenah struktur bisa berbenah harokah agar gerakannya semakin sistematis dan rapi yang tujuannya untuk kebesaran bangsa dan agama”pungkas Anam. (WR)