Masalah Sampah di Pinggir Jalan Poros Bangun Sambaliung Telah Teratasi

oleh

KALTIM, (BERAU), KN – Masalah sampah yang menumpuk beberapa waktu lalu di pinggir Jalan Poros Bangun RT 12, Kecamatan sambaliung di respon cepat oleh Dinas Lingkungan Hidup dam Kebersihan (DLHK) Kabupaten Berau.

Sebelumnya, lokasi tersebut terlihat sangat kumuh, tapi kini kondisi nya sudah bersih. Lokasi yang biasa jadi tempat warga membuang sampah, sudah di bersihkan dan dipagari seng serta dipasang spanduk himbauan di titik titik lokasi tempat warga biasanya membuang sampah.

Warga Kampung Bangun, Yusril yang biasa melintasi jalan tersebut mengapresiasi kinerja Dinas DLHK Kabupaten Berau yang sangat cepat merespon keluhan masyarakat.

“Terus terang sebelum di bersih kan dan di pagar setiap saya melintas di jalan tersebut aroma sangat berbau. Tumpukan sampah yang berserakan benar benar sangat mengganggu,” ujarnya.

Kabid Dinas Kebersihan Kabupaten Berau, Anwar saat dikonfirmasi mengatakan di Sambaliung tepatnya di RT 12 warga sudah tidak boleh membuang sampah di tempat tersebut, karena sudah sangat dekat dengan permukiman warga.

“Kebersihan bukan tanggung jawab DLHK saja, tapi tanggung jawab semua pihak, saya juga sangat berharap agar warga menimbulkan kesadarannya dan disiplin membuang sampah pada tempat nya yang sudah di sedia kan DLHK,” ucapnya.

Anwar berharap dengan dipagarnya lokasi tersebut dapat menimbulkan kedisiplinan warga agar membuang sampah pada tempatnya.

“Jika kita membuang sampah sembarangan, dampaknya sungguh sangat besar dan itu juga bisa merusak lingkungan,” pungkasnya. (*)