Mengatasi Masalah Sosial di Masyarakat, Anggota Polsek Binjai Hulu Cek Ketersediaan Bahan Pangan dan Gas ELP

oleh
Kanit Shabara Polsek Binjai Hulu, Bripka Anwar saat melakukan patroli di Pasar Desa Dak Jaya Kecamatan Binjai Hulu, Senin (21/7/2020). Poto: Humas Polres Sintang

SINTANG, KN – Untuk mengatasi masalah sosial pada masyarakat saat banjir, Kanit Shabara Polsek Binjai Hulu melakukan patroli di Pasar Desa Dak Jaya, Kecamatan Binjai Hulu, Senin (21/7/2020).

“Musim banjir saat, warga agak sulit mendapatkan barang-barang kebutuhan pokok mereka, kesulitan itu dapat memicu persoalan sosial yang bisa mengarah pada tindak kriminal, oleh sebab itu sebagai mitra masyarakat, kita perlu mengantisipasi hal-hal seperti ini,” jelas Anwar.

Selain memantau ketersediaan bahan pangan dan elpiji, Anwar juga mengecek harga sembako yang ada di toko warga. Dari hasil pantauannya diketahui belum ada kenaikan harga yang signifikan dan stok barang juga tersedia cukup banyak.

“Harga barang kebutuhan masih stabil dan masih terjangkau untuk daya beli masyarakat, stok barang juga cukup banyak bisa untuk sebulanan inilah menurut pedangannya, kondisi barang juga masih baik, belum kadaluarsa, terang Anwar.

Dalam patroli tersebut, Anwar juga memberikan pesan dan himbauan kamtibmas kepada para pedagang. Ia berpesan agar para pedagang lebih berhati-hati dan waspada terhadap pembeli kemungkinan menggunakan uang palsu.

Di tempat terpisah, Kapolsek Binjai Hulu, Iptu Budi Santoso mengatakan bahwa pesan-pesan kamtibmas selalu digaungkan oleh personil jajarannya.

Selain mengamati secara langsung situasi di lapangan, para personil jajaran juga diharapkan selalu mengingatkan warga untuk menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif.

“Bila mengetahui hal-hal yang mencurigakan, misalnya di pasar itu menemukan gelagat pembeli yang lain dari biasanya atau ada perselisihan antar pedagang setempat, segera lapor kepada polisi terdekat, kita mediasi, kita bantu selesaikan, ” kata Iptu Budi. (hps)