Menghadapi Potensi Konflik: Ajakan Bersatu dan Rendah Hati dari Kepala Kesbangpol Sintang

oleh
oleh

SINTANG, KN – Kusnidar, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sintang, memberikan amanah penting kepada warga daerah tersebut. Melalui pesannya, Kusnidar menekankan urgensi mengantisipasi dan mencegah kemungkinan terjadinya konflik di tengah masyarakat yang kaya akan keberagaman suku, agama, dan ras.

“Konflik, jika terjadi di tengah masyarakat, sangat sulit untuk dipulihkan. Oleh karena itu, kita perlu mencegahnya bersama-sama. Salah satu langkah yang dapat kita ambil adalah dengan menjunjung tinggi sikap rendah hati. Jika kita memiliki rasa rendah hati, kita dapat lebih menghargai keberagaman dan perbedaan,” ungkapnya dengan tekad.

Kabupaten Sintang, yang dikenal dengan beragam organisasi masyarakat (Ormas), mendapat sorotan dari Kusnidar terkait rasa percaya diri yang kurang pada beberapa Ormas. Dalam konteks ini, Kusnidar menilai pentingnya upaya pembinaan agar setiap Ormas, baik yang dominan maupun minoritas, dapat tumbuh dengan penuh keyakinan.

“Setiap kelompok atau organisasi harus memiliki rasa percaya diri. Terutama kelompok minoritas, mereka perlu yakin bahwa kelompok mayoritas akan selalu mendukung mereka, dan sebaliknya. Pembangunan rasa percaya diri ini dapat menjadi langkah pencegahan terhadap potensi konflik. Tanpa adanya konflik, kita akan merasakan kedamaian dan ketentraman,” tambahnya.

Dalam menyusun strategi pencegahan konflik, Kusnidar menekankan pentingnya membangun saling dukung antara kelompok mayoritas dan minoritas. Dengan memperkuat rasa percaya diri dan menghargai perbedaan, masyarakat di Kabupaten Sintang diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis.

(Rilis Kominfo Sintang)