Mensos Risma Bagikan Sembako Pada Warga Terdampak Banjir di Sintang

oleh

SINTANG, KN – Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sintang, Rabu 3 November 2021.

Pada kunjungan ini, Tri Rismaharini didampingi oleh, Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, Pejabat Kementerian Sosial RI, Pejabat Kementerian PUPR dan Pejabat Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Dalam perjalanan, Rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini sempat singgah di Lengkenat Kecamatan Sepauk karena jalan yang mereka lewati tergenang banjir cukup deras dan memberikan bantuan bagi warga di sekitar lokasi banjir.

Rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di Kabupaten Sintang pada pukul 11.45 Waktu Indonesia Bagian Barat dan langsung menuju ujung jembatan Kapuas Sintang.

Tiba di Jembatan Kapuas, rombongan Menteri Sosial Tri Rismaharini disambut Pelaksana Harian Bupati Sintang, Yosepha Hasnah didampingi Anggota Forkopimda Kabupaten Sintang.

Menggunakan perahu karet, Mensos Tri Rismaharini, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dan Pelaksana Harian Bupati Sintang didampingi pejabat lainnya mengunjungi korban banjir yang masih bertahan di rumah mereka masing-masing di daerah Menyumbung.

Sambil naik perahu, Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung menyapa warga korban banjir di sekitar SMP Negeri 4 Sintang dan menyerahkan bantuan sembako kepada warga.

Setelah pulangnya, Walikota Surabaya pada 28 September 2010 hingga 23 Desember 2020 itu langsung turun dari perahu karet dan memilih berjalan kaki dan menerobos banjir saat kembali ke kendaraan dinas.

Saat diwawancara oleh wartawan pun, Menteri Sosial Tri Rismaharini berada pada lokasi banjir dengan ketinggian air sepinggang orang dewasa. Tampak Ketua Komisi V DPR RI Lasarus dan pejabat lainnya ikut berbasah-basahan dengan Ibu Menteri Sosial.

“Katanya kondisi banjir yang melanda Kabupaten Sintang saat ini lebih parah dari sebelumnya. Kalau kita mempelajari dampak global warming, ke depan akan semakin berat karena itu harus ada langkah mitigasinya atau pencegahan. Supaya tidak terjadi lagi banjir sebesar ini, minimal berkuranglah banjirnya dimasa yang akan datang,” kata Tri Rismaharini.

Kedepan, ia minta tidak hanya melakukan mitigasi bencana banjir, tetapi antisipasi yang akan terjadi ratusan tahun yang akan datang.

“Antisipasinya mulai dari sekarang, karena kalau tidak, banjir akan semakin lebih berat lagi,” terang Tri Rismaharini.

Sementara Ketua Komisi V DPR RI Lasarus yang turut mendampingi Menteri Sosial menyampaikan atas nama seluruh masyarakat Kalimantan Barat terkhusus Kabupaten Sintang, Sekadau, Sanggau dan Melawi mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Sosial yang sudah memberikan perhatian kepada korban banjir.

“Kita memberikan apresisasi atas apa yang dilakukan oleh Ibu Menteri Sosial yang sudah rela berkunjung bahkan sampai berbasah-basahan. Saya tadi belakangan nyebur ke banjir dan Bu Risma duluan turun dari perahu karet. Ibu Menteri Sosial sudah luar biasa membantu warga. Sementara ini, Ibu Menteri datang kesini untuk melihat kebutuhan yang urgen dulu,” jelas Lasarus.

Dikatakan Lasarus, Tim Kementerian PUPR juga turun langsung untuk melihat kondisi yang ada.

“Banjir seperti ini pastilah ada dampaknya seperti kerusakan infrastruktur dan upaya perbaikan nantinya. Diskusi ini akan terus berlanjut di Jakarta nanti. Diskusi lintas kementerian pasti dilakukan supaya banjir ini ke depan bisa kita minimalisir,” tukasnya. (*)