Merasa di Rugikan Koalisi Sintang Baru dan Pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin Buat Laporan Polisi

oleh

SINTANG, KN – Koalisi Sintang Baru dan Calon Bupati Sintang, Yohanes Rumpak menggelar konfrensi Pers terkait selebaran gelap mengatasnamakan religious katolik yang beredar di media sosial.

Dimana pada selebaran tersebut Memuat logo pasangan Yohanes Rumpak-Syarifuddin (YES). Logo tersebut diposisikan di pojok kiri, kanan, atas dan bawah. Tak hanya itu isi dalam edaran tersebut bernada provakatif, ujaran kebencian, fitnah, hoak dan SARA, sehingga sangat merugikan pasangan Mandau Mengkilat.

Yohanes Rumpak menegaskan bahwa edaran gelap tersebut bukanlah dari tim atau simpatisan pasangan YES , ” terkait edaran ini, kita sudah cek ke relawan maupun tim Mandau Mengkilat, dan itu dibuat oleh orang-orang yang sudah takut dan panik dalam merebut KB 1 E” kata Rumpak.

Dengan adanya edaran tersebut, pasangan Mandau Mengkilat dan Tim Koalisi sudah melaporkan hal ini ke Polres Sintang dengan STTP Nomor STTP/274/XII/2020/KALBAR/Res Sintang.

“Saya tegaskan kembali bahwa bukan kami yang memproduksi atau menyebarkan selebaran hoak tersebut. Sebagai bukti kami sudah laporkan kasus ini ke aparat kepolisian Sintang. Ini juga bukti bahwa kami menjaga kestabilan dan keamanan di masyarakat,” tegasnya.

Pihaknya berharap supaya aparat kepolisian segera mengusut tuntas pelaku tindak kejahatan tersebut agar mempertangungjawabkan perbuatanya sehingga memberikan efek jera serta kedepannya tidak terjadi lagi kasus serupa.

“Karena ini merugikan banyak pihak dan sangat meresahkan. Kami masih menahan diri karena kami percaya aparat kepolisian dapat melaksanakan kewajibanya dengan baik,” ujar Rumpak.

Rumpak juga mengimbau kepada masyarakat supaya tidak terpancing dengan isu-isu provakatif yang dapat merusak persatuan dan kesatuan masyarakat di Kabupaten Sintang.

“Mari kita tegakan terus persatuan dan kesatuan, rawat keberagaman dan persaudaraan. Mari kita sukseskan pilkada dengan satun dan damai,” ajaknya.

Dia juga berpesan kepada tim dan pendukung pasangan Mandau Mengkilat agar tetap fokus dan tenang.

“Mari kita raih kemenangan dengan cara terhormat,” pesannya.

Dia juga menegaskan bahwa pasangan Yohanes Rumpak – Syarifuddin tidak takut dan akan lawan terhadap segala daya upaya provokasi, kebencian, hoax dan SARA yang masif yang dibuat pihak yang tidak bertanggungjawab untuk merusak citra mereka di masyarakat.

Wakil ketua Tim Koaliasi Sintang Baru, Anton Isdianto juga menegaskan bahwa selebaran provokatif tersebut bukan dari pihaknya. Dia juga menegaskan bahwa isi yang termuat dalam selebaran tersebut sangat merugikan pasangan Mandau Mengkilat.

“Dari awal saya baca kita sudah tau bernada provokatif dan isinnya hoax semua dan tentunya merugikan pasangan mandau mengkilat,” ujarnya.

Meski begitu kata Anton dirinya sudah mengkonfirmasikan ketidakbenaran isi tersebut kepada organisani masyarakat muslim di Sintang yang dicatut didalam selebaran tersebut.

” Kita ingin sintang ini selalu aman dan kondusif. Mari kita sama sama menjaga jangan, termakan isu adu domba pada selabaran ini. Selebaran ini dibuat dan diedarkan oleh orang yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan kitabselama ini,” ujarnya. (*)