Pangdam XII Tanjungpura Kunjungi Istana Kadriah Pontianak

oleh
oleh

PONTIANAK, (Kalimantan-News) – Sultan Istana Kadriah Kesultanan Pontianak ke – IX, Syarif Machmud Melvin Alkadrie, S.H bin Syarif Abdurrahman Alkadrie didampingi Pangeran Singa Kadriah Syarif Hasan Alkadrie dan kerabat Istana Kadriah Kesultanan Pontianak menyambut Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi di Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, Rabu (31/1/2018).

Sambutan ini dalam rangka kunjungan kerja Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi sekaligus silaturahim ke Istana Kadriah Kesultanan Pontianak, yang di dampingi oleh Asintel Kasdam XII/Tanjungpura, Aster Kasdam XII/Tanjungpura, Kapendam XII/Tanjungpura dan Komandan Kodim 1207/Berdiri Sendiri.

“Kedatangan saya beserta rombongan adalah merupakan suatu bentuk silaturahim kepada keluarga Kesultanan Pontianak, selain itu juga memohon doa kepada sultan dan kerabat Kesultanan sehingga dalam setiap tugas, kami selalu dalam lindungan ALLAH S.W.T, dengan harapan Kalimantan Barat selalu kondusif,” Kata Pangdam XII/Tanjungpura membuka sambutannya.

Lanjut Pangdam mengatakan, perjuangan panjang para leluhur dalam membuka dan mendirikan Kota Pontianak harus dan sangat dihormati dan diakui, sehingga diharapkan kepada generasi muda agar menjaga kearifan lokal dan tidak melupakan perjuangan para leluhur.

“Kearifan lokal harus kita jaga dan kita lestarikan, karena kearifan lokal tidak boleh kalah atau hilang dengan adanya budaya yang datang dari luar,” jelas Pangdam XII/Tanjungpura.

Pangdam bahkan mengatakan, siap mendukung dalam rangka kegiatan yang dilakukan oleh Istana Kadriah yang akan dihelat pada 31 Maret 2018 mendatang, diantaranya akan melaksanakan haul pertama wafatnya Ayahanda Sultan Sy Machmud Melvin Alkadrie yaitu Sultan Sy Abdurrahman Alkadrie, Raja Kesultanan Pontianak yang ke – VIII.

Di tempat yang sama Raja Sy Machmud Melvin Al kadrie, S.H sempat memberikan penjelasan tentang foto-foto yang di pajang di ruangan Kraton, diantaranya konsep dasar Burung Garuda yang dibuat oleh Sultan Hamid II yang sekarang digunakan sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

Sultan Sy Machmud Melvin Alkadrie juga mengatakan yang sama, bagi generasi muda supaya tidak melupakan jasa-jasa para leluhur yang telah membuka Kota Pontianak. Sementara dengan adanya kunjungan Pangdam XII/Tanjungpura, Sultan sangat senang dan bangga karena Pangdam XII/Tanjungpura telah menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Istana Kadriah bersilaturahim kepada keluarga Sultan Pontianak.(Pdm)