Pangdam XII Tanjungpura Resmikan Koramil 1204-17 Nanga Taman

oleh
oleh

SEKADAU – Panglima Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab melaksanakan Tatap Muka dengan Forkopimda Kabupaten Sekadau sekaligus juga meresmikan Koramil 1204-17/Nanga Taman Kodim 1204/Sanggau pada hari ini di Makoramil 1204-17/Nanga Taman, Senin (13/5/19).

Peresmian Koramil 1204-17/Nanga Taman, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pangdam XII/Tpr serta Penandatanganan Berita Acara oleh Pangdam XII/Tpr dan Bupati Sekadau. Juga dilakukan penyerahan kunci secara simbolis oleh Bupati Sekadau kepada Dandim 1204/Sgu. Sedangkan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny. Mudi Herman Asaribab mendapat kehormatan untuk melaksanakan pemotongan pita.

Saat memberikan sambutan Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab mengucapkan terimakasih kepada Pemkab. Sekadau yang telah membantu menyiapkan sarana dan prasarana Koramil 1204-17/Nanga Taman.

“Saya mewakili Kasad mengucapkan terimakasih telah membantu kami sehingga melancarkan pelaksanaan tugas maupun kegiatan kami di Kabupaten Sekadau. Ini merupakan sumbangan cukup berarti bagi TNI AD karena dari Koramil inilah sebagai ujung tombak informasi bagi TNI AD di wilayah Sekadau,” ucap Pangdam XII/Tpr.

Selanjutnya Pangdam XII/Tpr mengatakan, tugas pokok Komando Kewilayahan adalah menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dan Perlawanan Rakyat yang meliputi pembinaan geografis, demografis dan kondisi sosial dalam rangka menciptakan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh di daerahnya untuk kepentingan Pertahanan Keamanan Negara, yang selaras dengan tugas aparat pemerintah daerah, sehingga terwujud keamanan dan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karena itu, pembangunan Koramil 1204-17/Nanga Taman ini dilakukan karena Kabupaten Sekadau memiliki kondisi geografi yang luas, dengan jumlah perkembangan penduduk yang sudah mulai meningkat dan dibarengi dengan perkembangan kondisi sosial kemasyarakatan yang komplek,” kata Pangdam XII/Tpr.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr juga menekankan pada pejabat Danramil, agar melakukan pembinaan satuan dan wilayah secara serius serta berkesinambungan, dengan membentuk sistem kerja terintegrasi dengan aparat kepolisian dan aparat pemerintah kecamatan setempat, terutama dalam upaya mengatasi setiap gejolak yang mungkin dapat terjadi di wilayah. Melaksanakan pembinaan teritorial terhadap masyarakat dengan mengedepankan moto berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas, sesuai dengan slogan TNI AD

“Juga jalin kerja sama dengan seluruh komponen masyarakat untuk membangun kesadaran bernegara, guna terciptanya kemanunggalan TNI dengan rakyat, sesuai pesan Panglima TNI yaitu Bersama Rakyat TNI Kuat dan Bersama TNI Rakyat Sejahtera,” tegas Pangdam XII/Tpr.

Dalam acara, Pangdam XII/Tpr juga menyampaikan perintah Kasad, Jenderal TNI Andika Perkasa pada prajurit. Yang pertama agar prajurit menjalin kerjasama yang erat dengan POlri, Pemda serta Komponen Masyarakat untuk antisipasi potensi anarkhis, yang kedua sampai dengan saat ini masih dalam proses Pemilu 2019 agar tetap fokus membantu penyelenggara Pemilu, Pemda dan Polri dalam pengamanan lanjutan proses pelaksanaan pesta demokrasi.

Sedangkan Bupati Sekadau Bapak Rupinus, S.H.,M.Si mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kedatangan Pangdam XII/Tpr beserta rombongan di wilayah Sekadau. Bupati Sekadau berharap melalui kegiatan tersebut dapat meningkatkan hubungan silaturahmi serta kerjasama antara Pemkab. Sekadau dan Kodam XII/Tpr yang selama ini sudah terjalin dengan baik.

Dalam acara tersebut juga dilakukan saling tukar cinderamata antara Pangdam XII/Tpr dengan Bupati Kab. Sekadau. Selain itu juga Pangdam XII/Tpr menyerahkan tali asih kepada Pengurus Mesjid Al Muhatidin Nanga Taman. (Pdm)