Pangdam XII/Tpr Pimpin Sertijab Danyonkav 12/Beruang Cakti

MEMPAWAH, KN  – Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, S.I.P., M.M., memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon Kavaleri 12/Beruang Cakti. Upacara sertijab berlangsung di Lapangan Apel Mayonkav 12/BC, Siantan, Mempawah, Kalimantan Barat, Rabu (6/7/22).

Jabatan Danyonkav 12/BC diserahterimakan dari Letkol Kav I Nyoman Artawan, S.Sos., kepada Mayor Kav Laode Azhar Hamid, S.H. Pejabat lama mendapat promosi dari pimpinan TNI Angkatan Darat menjadi Dandim 1202/Skw, sedangkan pejabat baru sebelumnya merupakan Kabaglitbangmat Sdirbinlitbang Pussenkav Kodiklatad.

Selain jabatan Danyonkav 12/BC pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan sertijab Ketua Persit KCK Cabang LX Yonkav 12 dari Ny. Cinthya Artawan kepada Ny. Arnina Laode. Prosesi sertijab dipimpin oleh Wakil Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr, Ny. Heni Djauhari.

Dalam amanatnya Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Sulaiman Agusto menyampaikan, penunjukan seorang Perwira untuk menduduki jabatan di lingkungan TNI AD telah melalui suatu proses dan kriteria yang telah ditetapkan. Promosi jabatan hanya diberikan kepada Perwira yang mampu menunjukkan prestasi dan dedikasi yang tinggi dalam pelaksanaan tugas serta memiliki moral kepribadian yang bisa menjadi suri tauladan.

“Hal ini juga berlaku untuk jabatan Komandan Batalyon, di mana Danyon merupakan salah satu jabatan strategis yang harus dijabat oleh Perwira terpilih,” ujarnya.

Untuk itu, tegas Pangdam, sebagai seorang Komandan harus berkreasi, berinovasi dan berimprovisasi dalam mencari solusi yang terbaik guna menghadapi kendala dan tantangan tugas kedepan agar mampu berperan sebagai seorang komandan, pelatih, guru, pembina dan rekan seperjuangan bagi anggotanya.

“Disamping itu, harus peduli terhadap prajurit dan satuannya, tegas dan bertanggung jawab, bermoral baik, mampu mengambil keputusan serta memberi perintah, bijaksana dalam menggunakan wewenangnya dan senantiasa memelihara kemampuan anak buah dengan baik,” tegasnya.

Pangdam XII/Tpr atas nama pribadi dan satuan menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Letkol Kav I Nyoman Artawan, S.Sos. beserta istri yang dengan segala ketekunan dan semangat pengabdian yang tinggi, telah berhasil mengemban tugas dan tanggung jawab jabatannya dengan baik.

“Selamat bertugas di tempat yang baru, semoga keberhasilan senantiasa menyertai saudara sekeluarga,” ucapnya.

Selanjutnya, kepada Mayor Kav Laode Azhar Hamid, S.H. beserta istri, Pangdam mengucapkan selamat atas kepercayaan dan kehormatan yang diberikan Pimpinan TNI Angkatan Darat untuk memimpin Batalyon Kavaleri 12/BC. Ia berharap hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik.

“Saya meyakini dengan latar belakang pengalaman tugas sebelumnya, amanah yang dipercayakan kepada saudara ini akan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” harap Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)