Panji Lantik Sekwan dan Pj Sekda Melawi Secara Virtual

oleh
Kedua Pejabat Saat Menjalani Prosesi Pelantikan (Dedi Irawan)

MELAWI, KN – Pemerintah Melawi melakuka pelantikan Sekretaris DPRD atau Sekwan yakni M. Syaiful Khair dan Penjabat Sekretaris Daerah atau Sekda yakni pelantikan Hj. Linda Purnama, Rabu (27/5/2020).

Berbeda dengan pelantikan biasanya, kali ini pelantikan yang lansung dilakukan eh Bupati Melawi itu dilaksanakan secara Virtual menggunakan aplikasi Zoom, dimana dua pejabat struktural yang dilantik berada di Kantor Bupati, sementara Bupati Panji memimpin pelantikan dari Rumah Jabatan Bupati Melawi, dan berpedoman pada protokol kesehatan pada Pandemi COVID-l9.

Pelantikan itu dilaksanakan setelah sebelumnya surat persetujuan pelantikan dari Mendagri turun. Pj Sekda yang dilantik ditunjuk langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji untuk mengisi kekosongan jabatan Sekda definitif sejak beberapa waktu lalu. Sedangkan, Sekretaris DPRD dijabat oleh Syaiful Khair setelah melalui proses seleksi pimpinan tinggi pratama yang cukup alot kurang lebih setahun ini.

M. Syaiful Khair sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporapar) Melawi. Sedangkan Hj. Linda Purnama, saat ini menjabat Kepala Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalbar.

Bupati Melawi, Panji dalam arahannya meminta kepada kedua pejabat yang dilantik, agar bisa bekerja menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, bisa menunjukan loyalitas dalam mengemban tugasnya untuk melayani masyarakat dalam penyelenggaraan Pemerintahan dengan baik.

“Embanlah amanah yang dititipkan dengan penuh tanggung jawab, serta tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan,” paparnya

Lebih lanjut pria nomor 1 di Melawi ini mengatakan, Khusus pelantikan Pj Sekda, ini menjadi sanbat penting, karena Sekda mempunyai tugas strategis yaitu membantu Kepala Daerah menyusun kebijakan dan pengorganisasian administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah.l, serta untuk melaksanakan tugas dan untuk memperlancar pemerintahan daerah serta membantu kelancaran administrasi ditengah percepatan penanganan pandemi Covid-19.

Sementara pada Sekretaris DPRD yang dilantik, Panji juga berharap yang bersangkutan bisa mendukung tugas dan fungsi DPRD, serta mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan serta memperlancar administrasi pada Sekretaris DPRD.

“Mungkin ada yang bertanya, apakah ada persoalan terkait sekretaris DPRD. Tidak ada persoalan, hanya ada perbedaan penafsiran pandangan terkait regulasi penetapan Sekretaris DPRD. Saya pertegas, tidak ada masalah dengan DPRD atau pak syaiful Khair. Dan ini sudah dilakukan dengan proses yang baik dan saya harapkan bisa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Panji menambahkan, walau digelar dengan video conference, pelantikan ini tidak mengurangi legalitas dan makna. Sejumlah pihak terkait diharapkan bisa ikut membantu pelaksanaan tugas dan fungsi kedua pejabat tersebut sehingga bisa berjalan lancar.

Terpisah, Sekretaris DPRD Melawi yang baru dilantik, Syaiful Khair mengungkapkan rasa syukurnya usai dilantik. Ia juga menyampaikan terima kasih pada Bupati, unsur pimpinan dan kelengkapan DPRD Melawi serta semua pihak yang membantu proses, walau memakan waktu yang cukup panjang.

“Tidak ada masalah dengan pelantikan ini. Semoga saya bisa menjalankan tugas dan amanah ini dengan baik. Dan saya akan bekerja dengan profesional,” pungkasnya. (Irawan)