PDP 04 Asal Sintang Meninggal Dunia

oleh
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh

SINTANG, KN – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 04, berjenis kelamin laki-laki, usia 62 tahun asal Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat meninggal dunia pada Minggu (19/4/2020) pukul 20:30 wib di Ruang Isolasi Khusus Rumah Sakit Rujukan Ade M. Djoen Sintang.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut sudah dimakamkan oleh petugas sesuai dengan protokol Covid-19, demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh dalam keterangan resmi yang di unggah di laman instagram @dinkes_sintang Minggu (20/4/2020).

Sinto menjelaskan, almarhum ini belum di vonis penderita Covid-19, hanya rapid test yang sifatnya Reatif, “jadi belum Covid-19 ya” kata Sinto.

Lanjut Sinto, masyarakat harus mengerti dan paham dengan peristiwa ini, saya tegaskan bahwa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 04 tersebut belum divonis Covid-19 dan masyarakat juga jangan membuat stikma bahwa di Kelurahan Menyumbung Tengah atau di Sintang sudah ada Covid-19, ucap Sinto.

Pasien Dalam Pengawasan (PDP), masuk ruang isolasi khusus Rumah Sakit Rujukan Ade M. Djoen Sintang pada Jumat 17 April 2020 lalu.

Pasien mengeluhkan sesak napas, batuk dan pilek, setelah dilakukan pemeriksaan ulang oleh medis dengan rapid tes, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tersebut dinyatakan reaktif atau positif.

Dengan diisolasinya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 04 tersebut, dua Rukun Tetangga (RT) di Kelurahan Menyumbung Tengah di berlakukan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) selama 14 hari terhitung tanggal 17 April 2020 yang lalu.

Diisolasinya Dua RT ini, Pemkab Sintang langsung membagikan paket sembako kepada warga di dua RT tersebut. (*)