Pemkab Melawi Gelontorkan Rp 4,1 Miliar Untuk Pilkades Serentak

oleh
Ilustrasi

Melawi (kalimantan-news.com) – Sebanyak 111 Desa yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten Melawi akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020 ini. Untuk pelaksanaan tersebut, Pemerintah Melawi melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menyiapkan anggaran Rp 4,1 miliar.

Kabid Bina Pemerintahan Desa DPMD Melawi, Andrianus Metro Thino mengatakan, Anggaran tersebut berasal dari APBD Melawi 2020 yang di poskan DPMD. Sementara, jumlah desa yang akan menggelar Pilkades sebanyak 111 desa tersebar di 11 kecamatan. alokasi anggaran Pilkades ini meliputi seluruh tahapan, mulai dari launching, sosialisasi, operasional Pilkades di TPS. “Termasuk honor panitia Pilkades, Panwas, petugas keamanan, logistik, baleho dan surat suara serta dana keperluan lainnya,” ungkapnya saat ditemui di ruangan kerjanya, belum lama ini.

Lebih lanjut Thino menerangkan, bahwa semua kebutuhan Pilkades tersebut akan disiapkan DPMD. Setiap desa yang melaksanakan Pilkades disiapkan anggaran kisaran Rp 30 juta per desa. Namun bukan diserahkan atau dikelola desa, namun DPMD yang akan mengelola anggaran sesuai dengan kebutuhan Pilkades yang sudah ditentukan.

“Besaran anggaran Pilkades masing-masing desa ditentukan berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan letak geografis desa serta ketentuan-ketentuan lainnya. Pemerintah Desa setempat diperbolehkan menganggarkan dana melalui Alokasi Dana Desa (ADD), namun hanya untuk item kegiatan yang tidak dianggarkan di APBD, seperti keperluan makan dan minum.” Jelasnya.(Irawan)