Pemkab Sintang Gelar Silaturahmi Idul Fitri

oleh

SINTANG – Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan silaturahmi Idul Fitri 1439 Hijriah di Halaman Kantor Bupati Sintang pada Kamis, 5 Juli 2018. Hadir dalam silaturahmi tersebut Bupati Sintang, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Bidang dan Staf di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Bupati Sintang dalam pengarahannya menyampaikan bahwa perayaan idul fitri sebagai puncak dari pelaksanaan ibadah puasa sebulan penuh, memberikan pesan dan pelajaran penting untuk Aparatur Sipil Negara yang bertugas melayani masyarakat.

“pelaksanaan ibadah puasa mendidik kita selalu memiliki pengendalian diri sehingga tetap teguh pada aturan dan tidak menyalahgunakan wewenang dan sumber daya yang diamanahkan kepada kita. saat ini kita harus mampu menangkap ekspektasi besar masyarakat melihat kita mampu bekerja jujur, adil, amanah, bersih, profesional dan bertanggung jawab. ekspresi kebencian mereka terhadap praktek korupsi, kolusi, manipulasi dan pungli sudah begitu jelas untuk kita respon. perbaikan diri dan penguatan sistem bekerja dapat kita perkuat dengan bekal ibadah puasa yang telah dijalani di bulan ramadhan.

ibadah puasa akan membantu sistem pengendalian diri yang kuat bagi pribadi kita masing-masing untuk bekerja jujur, amanah, bersih, adil, profesional dan bertanggung jawab” terang Bupati Sintang.
“perayaan idul fitri juga mendidik kita untuk memperkokoh silaturahmi sesama ASN. Perbedaan jenis tugas, tempat tugas, status dan tanggungjawab tidak boleh memutuskan hubungan emosional antara sesama ASN. kita harus terus menjalin komunikasi dan koordinasi sesama ASN, agar tercipta kekompakan organisasi. kekompakan yang solid akan meneguhkan kita menjadi “satu untuk semua” dan “semua untuk satu”. inilah modal besar kita untuk sukses menjalankan tugas dan fungsi selaku pelayan masyarakat” pesan Bupati Sintang.

Terkait pelaksanaan Pemilihan Gubernur Kalimantan Barat, Bupati Sintang bersyukur pesta demokrasi ini berjalan dengan aman, lancar dan terkendali di Kabupaten Sintang.

“ini bukti tingkat kematangan berdemokrasi masyarakat kita semakin baik. saat ini masih berlangsung proses rekapitulasi hasil perolehan suara dilakukan oleh KPUD. Apapun hasil pigub tersebut, kita selaku ASN harus tetap menjaga netralitas, ikut serta menjaga suasana yang kondusif serta mengajak semua komponen masyarakat untuk mengedepankan persaudaraan dan persatuan dalam menerima hasil pilgub tersebut. kita harus pastikan hasil pilgub tidak merusak keharmonisan sosial di Kabupaten Sintang” tambah Bupati Sintang.

Bupati Sintang juga mengajak agar seluruh jajaran Pemkab Sintang mensukseskan pelaksanaan event yang cukup besar, yaitu festival investasi kelam yang berlangsung pada tanggal 14 hingga 18 juli 2018. festinvest ini bertujuan untuk mempromosikan kepada investor lokal, nasional maupun internasional tentang potensi dan peluang investasi pariwisata, warisan adat budaya, produk unggulan daerah dan produk kreatif yang kita miliki. akan banyak tamu yang datang dan akan banyak mata yang tertuju ke daerah kita. oleh karenanya, kita wajib menjadi tuan rumah yang baik untuk para tamu yangakan datang.

“saya minta seluruh ASN untuk ambil bagian menyukseskan fesinvest kelam ini. porsi tanggungjawab masing-masing dan koordinasi agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga agenda fesinvest berjalan dengan lancar dan sukses” ajak Bupati Sintang.

“satu hal yang juga perlu saya ingatkan, bahwa saat ini kita telah memasuki semester ke dua pelaksanaan pembangunan di tahun anggaran 2018. hingga saat ini, belanja daerah kita baru mencapai 24,87 %, sedangkan realisasi fisik dan keuangan belanja langsung hanya sekitar 16,57 %. saya meminta semua pimpinan OPD agar mengambil langkah percepatan realisasi belanja langsung masing-masing. pahamilah bahwa belanja pemerintah bisa mendorong pertumbuhan ekonomi sektor lain ditengah kelesuan ekonomi yang sedang kita rasakan sekarang” ingat Bupati Sintang. (HUM)