Penerimaan Taruna Akpol Dibuka, 180 Peserta di Kalbar Berkompetisi Untuk Jadi Perwira

oleh

PONTIANAK, KN – Seleksi penerimaan Polri di tahun 2020 yang sempat diundur akibat wabah Covid-19 mulai kembali di buka. Saat ini sedang berjalan proses seleksi untuk penerimaan calon taruna taruni Akademi Kepolisian (Akpol) dan Siswa Tamtama, termasuk di Polda Kalimantan Barat.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Donny Charles Go menyebutkan animo pendaftaran sebanyak 180 peserta untuk Akpol dan 282 peserta untuk Tamtama.

“Saat ini seleksi calon taruna Akademi Kepolisian di Polda Kalbar sudah masuk tahapan pemeriksan psikologi , hari ini pengumuman” sebut Donny pada Jumat, 10 Juli 2020 di Polda Kalbar.

Dari 180 peserta yang mendaftar Akpol, tahapan pertama pemeriksaan kesehatan sebanyak 49 peserta yang dinyatakan gugur. Dan menyisakan 62 peserta terdiri dari 52 pria dan 10 wanita lanjut ke tahapan selanjutnya.

Kemudian Donny mengatakan dalam pelaksanaan tes psikologi yang dilksanakan hari ini (Jumat,10/7) dari 62 peserta dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 28 orang.

Donny menyebutkan, untuk kuota penerimaan Akpol pada Polda Kalbar sesuai alokasinya akan diterima sebanyak 5 orang.

“Tahapan seleksi masih ada beberapa lagi di tingkat Polda, seperti akademik, jasmani dan kesehatan lanjutan. Setelah dari tingkat panitia daerah atau Polda, calon peserta akan berkompetisi lagi di tingkat Pusat” jelasnya

Kabid Humas Polda Kalbar ini juga menyatakan, bahwa penerimaan Polri tetap berpedoman kepada prinsip Betah (Bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

Ia menegaskan dan mengimbau kepada seluruh peserta untuk percaya kepada kemampuan diri sendiri. Dan untuk orang tua peserta agar jangan tergiur dengan pola pola lama yang mencari calo agar bisa meluluskan peserta.

“Tahapan seleksi sekarang sudah transparan, setelah tes selesai hasil langsung keluar dengan disaksikan seluruh peserta dan pengawas” tambahnya

Selain itu, dalam seleksi penerimaan juga menerapkan protokol pencegahan Covid-19 dan physical distancing dalam pelaksanaannya. (Rls)