Peringatan HAN 2019, Staf Ahli Bupati Ajak Anak-Anak Jaga Sikap Toleransi

oleh
oleh

SINTANG, KN – Mewakili Bupati Sintang, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Syarifudin menghadiri peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 di Madrasah Aliyah Negeri 01 Sintang, Selasa (27/08/2019).

Kegiatan ini mengusung tema “Mari kita tingkatkan kualitas keluarga sebagai penopang perlindungan anak”.

Anak-anak kita sungguh luar biasa, inilah wajah pemimpin masa depan kita, olah karena itu peran orang tua sangatlah penting, maka dalam keluarga harus memberikan teladan bagi anak-anak kita, jelas Syarifudin.

Menurut Syarifudin, anak-anak harus diajarkan mengenai toleransi sejak dini, Negara Indonesia memiliki aneka ragam suku bangsa, agama dan kelompok, oleh sebab itu penting bagi anak-anak ditanamkan nilai untuk saling menghargai dan menghormati sesama.

“Pembangunan di Indonesia dibentuk dengan keanekaragaman, Bhineka Tunggal Ika, Hak-hak anak harus dijaga dan dipelihara, Anak harus dilindungi dengan baik,

jangan terlalu dipaparkan pada teknologi khususnya handphone,” ujar Syarifudin.

Syarifudin juga mengajak anak-anak supaya terus bersemangat belajar, serta selalu menghargai orang tua, guru maupun orang-orang yang lebih tua dari kita, pesan Syarifudin.

Sementara itu, Ma’ruf Toha Sekretaris Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak Kabupaten Sintang saat menyampaikan laporan panitia kegiatan HAN 2019, Ia mengatakan kegiatan ini merupakan kerjasama antara dinas terkait dengan komunitas-komunitas peduli anak yang ada di Kabupaten Sintang.

“Anak harus dilindungi dalam masa pertumbuhan dan perkembangannya, dengan semangat HAN semoga dapat memotivasi para stakeholder akan peran masing-masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak,” ujarnya lagi.

Lanjut Toha, kegiatan ini bertujuan untuk membawa semua anak Indonesia mengakses pelayanan publik. Serta semua anak dapat merasakan kebahagiaan untuk berkumpul bersama dan bermain juga untuk menguji kemampuan seni dan olahraga mereka.

Ada beberapa lomba yang telah diselenggarakan panitia dalam rangka peringatan HAN di kabupaten Sintang, lomba-lomba tersebut diadakan untuk membangkitkan semangat dan berprestasi kepada anak-anak Sintang, ucap Toha.

Diakhir acara usai menyampaikan sambutan Bupati Sintang, Jarot Winarno, Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Syarifudin menyerahkan piala, piagam dan uang kepada masing-masing pemenang lomba, baik lomba lagu solo tingkat SD/MI sederajadt se Kabupaten Sintang, Celoteh Anak dari Taman Kanak-Kanak, Lomba pantun dan lomba mewarnai. (Vy)