Peringatan HUT Proklamasi RI Ke 75, Pemkab Sintang Akan Terapkan Prokes

oleh

SINTANG, KN – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Yustinus J, memimpin jalannya rapat koordinasi persiapan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun 2020 di Ruang Rapat Sekda Sintang pada Senin, (27/7/2020).

Yustinus menjelaskan, bahwa pelaksanaan peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Republik Indonesia yang ke 75 Tahun 2020 wajib menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), sehingga Pemkab Sintang memutuskan untuk melaksanakan upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Sintang dan upacara renungan suci di Taman Makam Pahlawan Syuhada Pertiwi.

“Kegiatan lain dalam peringatan HUT RI ke 75 tidak ada. Jadi hanya 2 kegiatan ini yang kita laksanakan. Pemkab Sintang memutuskan untuk menjalankan seluruh protokol kesehatan saat pelaksanaan upacara bendera, karena pandemi covid-19. Kita akan menggelar upacara bendera di Halaman Kantor Bupati Sintang dengan peserta dan petugas upacara yang sangat terbatas” jelas Yustinus.

Lanjut Yustinus, Peserta upacara bendera hanya anggota Forkopimda, Kepala OPD, pimpinan instansi vertikal, TNI, Polri, Pol PP dan tokoh masyarakat. Petugas upacara juga hanya berasal dari ASN, TNI dan Polri. Untuk aubade kami putuskan diambil dari anggota paskibraka. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Bupati Sintang” terang Yustinus.

“Upacara akan dilaksanakan jam 07.00 WIB. Usai upacara, seluruh peserta upacara dan undangan akan ikut upacara secara virtual upacara peringatan detik-detik HUT Prokolmasi di Istana Negara yang akan dilaksanakan di Pendopo Bupati Sintang jam 10.00 WIB. Penurunan bendera tetap jam 16. 30 WIB” tambah Yustinus.

Sementara untuk pelatihan paskibraka tahun 2020 juga kita larang untuk diasramakan atau diinapkan. Tetapi latihan setiap hari sekitar 1,5 jam per hari dan berangkat dari rumah masing-masing. Karena yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera hanya 3 orang saja.

“Untuk Anggota paskibraka yang lain hanya kami tugaskan sebagai anggota aubade atau paduan suara saat upacara” tambah Yustinus.

Disporapar, Sulaiman Sekretaris menjelaskan pihaknya siap menjalankan arahan, karena memang kondisi tidak memungkinkan.

“anggota paskibraka juga akan segera berlatih menyanyi karena ditugaskan sebagai anggota aubade” terang Sulaiman. (SS)