Pimpin Prosesi Pemakaman, Sudiyanto: Selamat Jalan Pak Henri, Doa Kami Menyertaimu

oleh

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang Sudiyanto menjadi inspektur upacara pemakaman secara kedinasan Almarhum Henri Harahap Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang di Pemakaman Muslim Kelurahan Kampung Ladang Kecamatan Sintang, Minggu 11 Juli 2021.

Sudiyanto menyampaikan Pemerintah Kabupaten Sintang berbelasungkawa atas meninggalnya Henri Harahap Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang.

“Kami berduka atas kepergian teman kami, Bapak Henri Harahap. Saya secara pribadi mengenal baik beliau ini. Almarhum orang yang supel, suka bergaul, ramah, dan saya jarang menyebut nama beliau. Saya sering panggil almarhum dengan sebutan lay. Saya punya kenangan manis dengan beliau. Kalau bertemu, beliau selalu menjalin komunikasi yang baik,” kata Sudiyanto.

Pemerintah Kabupaten Sintang, kata dia sangat kehilangan sosok Henri Harahap. “Namun, diatas itu semua, sebagai manusia, kami sadar. Bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara. Kita boleh punya cita-cita, harta dan apa saja. Tetapi segala sesuatu itu, pada saatnya nanti. Akan diambil oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Sudiyanto.

Sudiyanto berharap, semua yang masih berziarah di muka bumi ini dapat membantu orang lain yang memerlukan bantuan selama kita masih mampu dan bisa membantu. Sebab hidup ini hanya sementara. Selain itu, hal yang perlu dilakukan semasa hidup adalah kebaikan dan amal ibadah.

“Terima kasih kepada siapa saja yang sudah membantu selama beliau dirawat. Almarhum ini orang yang tidak pernah menyerah. Sebelum masuk rumah sakit, beliau masih menjalankan tugas ke Pontianak. Menjalankan tugas negara. Ini bukti bahwa almarhum ini loyal dan membaktikan diri kepada negara. Selamat jalan Pak Henri Harahap. Doa kami semua selalu menyertaimu,” ucap Sudiyanto.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syarief Yasser Arafat menyampaikan Pemkab Sintang merasa kehilangan seorang ASN yang telah banyak berperan dalam membangun Kabupaten Sintang.

“Sepanjang karier beliau sebagai ASN dikenal sebagai sosok pekerja keras yang sangat lugas dan tegas dalam mengambil keputusan untuk kepentingan pembangunan daerah,” terang Yasser.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J juga menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Bapak Henri Harahap yang merupakan salah satu putra terbaik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Semasa beliau masih hidup, kami mengenal sosok beliau yang memiliki semangat yang luar biasa dalam bekerja. Sehingga selalu dapat menjadi motivasi bagi yang lainnya. Semangat kerja beliau yang bisa dicontoh ASN lain yang masih aktif,” jelas Yustinus.

Henri Harahap Kepala Dinas Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sintang meninggal pada Sabtu, 10 Juli 2021, pukul 17.00 WIB, di RSUD Ade M. Djoen Sintang karena sakit. Almarhum meninggal dunia di usia 59 tahun.

Almarhum yang lahir di Gunungtua Jae pada 18 Agustus 1961 lalu, meninggalkan satu orang istri dan 3 orang anak. Pangkat terakhir almarhum adalah Pembina Utama Muda IV C. Almarhum diangkat calon pegawai negeri sipil pada 1 Maret 1982 dengan pangkat pengatur muda II A. (*)