Plh Bupati Sintang Minta Satgas Komando Bencana Saling Bersinergi

oleh
oleh

SINTANG, KN – Plh Bupati Sintang, Yosepha meminta Satgas Komando Bencana untuk tetap saling bersinergi dan menjaga komunikasi dengan baik serta semangat dalam bekerja.

“untuk semua yang tergabung dalam Satuan Tugas Komando Bencana, saya minta semuanya menjaga komunikasi dengan baik, kalau ada permasalahan, segera selesaikan, kita harus saling bersinergi, menjaga komunikasi, saling bantu, saling bahu membahu, tetap solid, tetap semangat, karena partisipasi kita sangat dibutuhkan untuk melayani masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang” ucap Yosepha, Jumat (5/11/2021) saat memimpin rapat Penanganan Banjir di Kabupaten Sintang.

Sementara itu, Kapolres Sintang, AKBP. Ventie Bernard Musak, SIK menyikapi curah hujan yang cukup tinggi hingga air menggenangi Kabupaten Sintang dan harus siap menghadapi serta menanganinya bersama-sama.

“curah hujan cukup tinggi, dampak la lina dan cuaca ekstrim cukup membuat air sungai meluap, dan ini tidak seperti biasanya, kemungkinan terburuknya ialah debit air semakin tinggi, otomatis jika debit air tinggi Sintang akan mengalami kelumpuhan baik itu dari segi ekonomi, dan lainnya, maka dari itu kita harus siap dengan situasi seperti ini dan harus siap menghadapinya, apapun yang terjadi kita sama-sama dan siap menerima baik atau buruknya kondisi yang terjadi, serta menyiapkan segala bentuk dalam kesiapsiagaan bencana di Sintang”, kata Kapolres.

Kapolres Sintang menjelaskan penanganan yang akan dilakukan oleh pihak Polres Sintang untuk menyikapi tingginya debit air banjir di Sintang, “yang pertama kita akan membuka Posko Terpadu di tiga titik wilayah Kota Sintang, pertama Posko Terpadu yang terletak di Tugu Bambu Sungai Durian, kedua posko terpadu di Simpang 5 Sintang, ketiga Posko terpadu di kawasan Tugu BI Sintang, posko terpadu ini nantinya akan berfungsi untuk merespon keluhan masyarakat, menampung kebutuhan pangan warga, pelayanan kesehatan, pendistribusian bahan pokok.

“bagi masyarakat yang ingin mengambil bahan sembako bisa merapat ke posko terpadu, serta juga sebagai tempat memberikan informasi-informasi terkait lalu lintas selama banjir di Kota Sintang” ucap Kapolres.

Lanjut Kapolres selain membangun Posko, pihaknya juga akan melakukan Patroli melalui jalur air, untuk memantau aktivitas masyarakat yang masih bertahan dirumahnya yang berada dibantaran sungai dengan dibantu dari pihak TNI, serta bekerjasama dengan Dinas Kesehatan terkait pelayanan kesehatan”, ujarnya. (Rl/D2)