Plh Bupati Sintang Tinjau Lokasi Pengunsi dan Dapur Umum

oleh

SINTANG, KN – Pelaksana Harian Bupati Sintang, Yosepha Hasnah, didampingi Kepala Dinas Sosial, Setina, dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bernhad Saragih, memberikan motivasi dan penguatan kepada korban banjir di Kompleks Masjid Abu Bakar di Jalan Transito Kelurahan Kapuas Kanan Hulu Kecamatan Sintang pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Saat berada di lokasi pengungsian, Yosepha juga melihat kondisi dapur umum yang mensuplai makanan dan minuman untuk warga yang mengungsi di Kompleks Masjid Abu Bakar.

Yosepha mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sintang sudah dan sedang menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Kabupaten Sintang.

“beras sudah kita salurkan ke 5 kecamatan yang terkena banjir, karena sekarang terjadi lagi banjir besar, maka kita segera mengeluarkan cadangan beras lagi. Beras cadangan sebanyak 70 ton akan segera kita keluarkan untuk membantu korban banjir. Saat ini pengeluaran beras cadangan sedang dalam proses” terang Yosepha.

Lanjut Yosepha, posko pengungsian buka di 4 titik. Yakni di Masjid Abu Bakar, SD Negeri 7, SMP Negeri 2, dan SMA Negeri 2. Kita sudah koordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Jumlah pengungsi yang terdaftar sekitar 20 orang di Masjid Abu Bakar, di Dinas Sosial 8 orang. Mereka mengungsi sejak tadi malam” jelas Yosepha.

Plh Bupati menghimbau kepada warga korban banjir yang mau mengungsi agar mendaftar ke Dinas Sosial, BPBD atau ke pemerintah kecamatan supaya bisa dikoordinir dengan baik. Untuk makanan gratis dan dapur umum baru ada di Masjid Abu Bakar ini saja. Kalau pengungsi terus bertambah, kita akan mendatangkan dapur umum mobile dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

“Saya sudah komunikasi dengan Bapak Gubernur Kalbar dan respon beliau sangat baik dan siap membantu” pungkas Yosepha. (Rl/D2)