Plt. Kadistan: Kuala Kapuas Masih kekurangan Tenaga Penyuluh Pertanian.

oleh

KUALA KAPUAS, KN – Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Yaya menyebut Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Kabupaten Kapuas saat ini masih kekurangan.

Hal itu diungkapkan Yaya saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan penyerahan bantuan alsintan dari Kementerian pertanian, yang juga bagian aspirasi Anggota DPR RI Dapil Kalteng, Ary Egahni Ben Bahat kepada sejumlah kelompok tani, kemarin.

“Yang ada saat ini PPL di Kapuas terdiri dari 99 PNS, 29 adalah P3K dan 19 THL jadi totalnya 147 orang,” kata Yaya.

Menurutnya, jumlah tersebut masih minim, jika mengacu untuk keberhasilan, bahwa PPL ini paling tidak satu orang du satu desa.

“Sementara desa yang ada di Kapuas ini berjumlah 214 desa dan 17 kelurahan. Karenanya kita masih memerlukan tenaga PPL,” ucapnya.

Dalam kesempatannya, ia menyampaikan hal tersebut kepada Anggota DPR RI dari Kalteng, agar diharapkan bisa memperjuangkan hal tersebut.

“Itu yang kami harapkan, begitu juga dengan fasilitas mereka mengingat dua tahun pandemi anggaran sangat terbatas dan berkurang, sementara kebutuhan di lapangan masih sangat banyak, terutama kendaraan operasional untuk mereka ke lapangan,” tuturnya(AK)