PMKRI Kapuas Hulu: Mari bersama PMKRI kita bersolidaritas

oleh

KAPUAS HULU, KN – Duka karena bencana alam memang sangat menyayat hati. Kehidupan seakan berhenti tiba-tiba tanpa kita sadari. Begitu yang dialami oleh puluhan bahkan ratusan saudara/saudari kita di ujung timur Indonesia, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Hujan deras, disertai angin kencang memicu terjadinya banjir bandang dan melahap korban jiwa, hilangnya rumah warga, fasilitas umum dan muncul penderitaan serta rasa panik yang tinggi. Sebagai sesama manusia yang hidup berdampingan satu dengan yang lainnya pasti merasakan duka yang teramat dalam meskipun tidak hidup bersama, jauh tempat tinggalnya, beda propinsi bahkan agama ras dan budaya.

Dari ujung timur pulau Kalimantan tepatnya di Kabupaten Kapuas Hulu, Ada sebuah organisasi kecil, Perhimpunan Mahasiswa Kataolik Republik Indonesia (PMKRI) Calon Cabang Kapuas Hulu Santo Yohanes Don Bosco, turut prihatin dengan peristiwa teragis ini. PMKRI kemudain berusaha mencari data korban bencana alam dan Sesuai konferensi pers yang disampaikan Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi pada Senin (5/4) malam,  84 Orang Meninggal Dunia dan 71 Orang Hilang. 15 orang luka-luka dan sebanyak 2.655 jiwa mengungsi. 25 rumah rusak berat, 17 rumah hanyut, 114 rusak sedang, 60 rumah terendam, dan 743 rumah terdampak.  5 jembatan putus, 40 titik akses jalan tertutup pohon tumbang, 1 fasilitas umum rusak, dan 1 kapal tenggelam. Wilayah yang terdampak paling berat diantaranya adalah Flores Timur, Lembata, Kupang, dan Sabu Raijua.

Dengan data yang ada, PMKRI Kapuas Hulu memutuskan untuk melakukan penggalangan dana sebagai solidaritas wujud cinta anak muda pada negara tanpa membedakan satu dengan yang lain. Metode Penggalangan dana melalui penyebaran pamflet open donasi berupa uang dan turun langsung ke jalan menggalang dana.

Ketua Presidium saudara Yohanes menyampaikan: DUKA MEREKA DUKA KITA SEMUA, Untuk itu PMKRI Kapuas Hulu Mengajak semua masyarakat Kapuas Hulu atau diluar Kapuas Hulu untuk hadir membantu PMKRI untuk bersolidaritas membantu saudara/i yang sangat mengharapkan bantuan kita.

Germas PMKRI Kapuas Hulu menjelaskan, Donasinya dapat dikirim melalui rekening (3476-01-03221253-8) a.n (JULIUS BALONG). Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Ketua Presidium. (WA/Telpon O85248809894).
Selain itu kami jga akan turun langsung ke jalan, melakukan penggalangan danah di Pasar Pagi Putussibau dan simpang tugu Garuda Putussibau. Harapan semoga kegiatan ini bisa maksimal demi kemanusiaan.

Sekjen PMKRI Kapuas Hulu, saudara Yudi menambahkan: Kegiatan ini sebagai wujud cinta pada tanah air. Karna cinta tanah air, maka kita harus siap menerima kemajemukan dan siap hadir untuk saling bersolidaritas. Semoga kader muda Kampus Hulu selalu menyuarakan spirit gotong royong dan terlibat aktif dalam kegiatan sosial. Kegiatan ini semoga bisa meringankan beban saudara/i kita di Nusa Tenggara Timur.
Terimakasih untuk semua yang berhati baik yang sudah mendoakan dan ikut bersolidaritas dalam kegiatan ini. (*)