Polres Sintang Rapid Test Massal Anggotanya

oleh
Dinkes Sintang Saat Rapid Test Massal Anggota Polres Sintang

SINTANG, KN – Dalam mencegah penularan Covid-19 khususnya bagi seluruh personil Polres Sintang, Dinas Kesehatan menggelar Rapid Test masal kepada anggota bertempat di aula Mapolres Sintang, Rabu (6/1/2021).

Rapid Test ini sendiri digelar karena seperti yang diketahui, Polres Sintang selalu aktif dalam kegiatan-kegiatan yang sifatnya patroli, sambang maupun sosialisasi dan sejenisnya.

Kepolisian merupakan salah satu unsur yang dianggap cukup rawan daripada terpaparnya Covid-19 dikarenakan aktifitasnya yang dinilai kerap kali bertatap muka dengan masyarakat sehingga menjaga kesehatan sudah merupakan kewajiban.

“Ini merupakan langkah kita dalam menekan penyebaran Covid-19 disamping itu anggota kami juga sering bertatap muka dengan masyarakat di setiap kegiatan sehingga hal ini lah yang memicu kerawanan anggota terpapar Covid-19” Jelas Kapolres.

Dalam mengantisipasi hal-hal tersebut, kegiatan seperti Rapid Test ataupun Swab Test sudah menjadi salah satu agenda yang dilalui oleh setiap personil baik itu dari Polres maupun Polsek Jajarannya.

Dengan adanya pengecekan awal seperti Rapid Test ini dinilai dapat menjadi deteksi dini bagi personil apakah terkena atau tidaknya virus Covid-19, sehingga jika terdeteksi adanya gejala serupa dapat dilakukan langkah antisipasi dalam menyikapinya.

“Ratusan personil di Polres Sintang, semuanya kita wajibkan Rapid Test walaupun ini merupakan langkah awal saja setidaknya dapat menjadi deteksi dini bagi kami jika saja ditemukan adanya personil yang terpapar Covid” Ujar Ventie.

“Selain Rapid Test, Protokol Kesehatan juga bersama wajib kita patuhi karena untuk menekan penyebaran Covid-19 ini balik lagi ke pribadi kita sendiri patuh atau tidaknya makanya kerjasama setiap masyarakat juga sangat diperlukan” Tambahnya.

Rapid test sendiri beberapa pekan yang lalu telah dilaksanakan oleh seluruh personil Polres Sintang dan Polsek Jajarannya sebelum melaksanakan tugas pengamanan Pilkada Serentak 2020 dimana usai kegiatan tersebut langsung disambung lagi dengan pelaksanaan Pengamanan Natal dan Tahun baru maka dari itu diperlukan kembali tes Rapid ini kepada seluruh personilnya.

“Alhamdullilah, Puji Tuhan seluruh personil yang telah dilakukan Rapid Test hasilnya dalam keadaan Non Reaktif” tutup AKBP ventie.

Kapolres Sintang berharap, dengan adanya rapid tes ini dapat mendukung kegiatan Kepolisian dalam memberikan Pelayanan dan rasa aman kepada masyarakat di setiap kegiatan sehingga personel pun dapat merasa aman dalam melaksanakan tugas dilapangan. (PNC)