Polres Sintang Siapkan 1 Peleton Tim Dalmas Terlatih Pengamanan Pilkada

oleh

SINTANG, KN – Polres Sintang menyiapkan satu pleton Pengendalian massa (Dalmas) terlatih, dalam kesiapan pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sintang.

Hal tersebut disampaikan Waka Polres Sintang, Kompol Alber Manurung, SH,SIK usai gelar pelatihan Dalmas oleh Tim Instruktur Dalmas Direktorat Samapta Polda Kalbar, Selasa (8/9/2020) di halaman Polres Sintang.

“Kita menyiapkan 38 personel sebagai tim Dalmas inti yang terdiri dari Sat Sabhara, Sat Lantas, Sat Pol air dan sejumlah staff lainnya,” ucap Alber.

Lanjut Alber, keberadaan personel yang dilatih langsung oleh instruktur dari Polda ini didukung oleh sarana dan prasarana peronil yang mumpuni mulai dari peralatan perorangan hingga peralatan pleton termasuk kendaraan mobilisasi.

“Tim ini peruntukkannya terutama pada saat kondisi kontijensi. Tim ini juga dapat digerakkan sewaktu-waktu pada saat terjadi sesuatu yang tidak terduga,” kata Alber.

Alber menyebutkan bahwa dalam proses pelatihan yang dilakukan ini tetap dengan memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku.

“Semua personel kita cuci tangan dulu dan dicek suhu tubuhnya, semua peralatan latihan kita semprot dengan cairan disinfektan. Nanti disela kegiatan latihan seperti pada saat makan siang dan seusai latihan prosedur kesehatan itu tetap kita jalankan lagi sesuai dengan aturannya,” pungkasnya. (PNC)