Pramuka Harus Ikut Berperan dalam Pembangunan

oleh

SINTANG, KN – Pemerintah Kabupaten Sintang meggelar upacara puncak KTT ke V dan HUT Bapak Pandu Dunia ke 163, di Lapangan Sepak Bola Desa Sungai Ana, Kecamatan Sintang, Sabtu (22/2/2020).

Bertindak sebagai inspektur upacara Kadisnakertrans Kabupaten Sintang Hatta mewakil Bupati Sintang, Jarot Winarno.

Kegiatan diawali dengan atraksi Marching Band dan kolaborasi tarian dayak dan tari melayu yang ditampilkan para anggota pramuka dari siswa SMA gabungan.

Pada kesempatan tersebut, Hatta membacakan sambutan Bupati Sintang. Dimana, menurutnya gerakan pramuka yang dirintis oleh Lord Robert Baden Powel seorang tentara Ingris berpangkat Let dan dibawa masuk oleh penjajah Belanda ke Indonesia pada Tahun 1912. Nah, di Indonesia Pramuka mengalami pertumbuhan sangat pesat hingga saat ini.

“Gerakan pramuka bertujuan mendidik kaum muda agar berwatak , berkepribadian, berakhlak mulia, dan memiliki jiwa bela Negara. Pramuka harus berperan sebagai kader pembangunan dan perekat bangsa, karena kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda,” katanya.

Selain itu, kata Hatta, Pramuka juga dituntut untuk dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda.

“Gerakan pramuka ini sangat mendidik dan membina kaum muda Indonesia, dengan tujuan agar mereka menjadi manusia berkepribadian, bertakwa, dan berbudi pekerti luhur sesuai dengan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka yang tertuang dalam janji Trisatya,” pungkasnya.

Upacara Puncak Kegiatan KTT ke V dan Upacara Peringatan HUT Bapak Pandu Dunia ke 163, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sintang juga dihadiri beberapa OPD, serta Pejabat Pemerintah Kabupaten Sintang, Camat, Lurah dan para Kepala Sekolah SLTA dan SLTP serta ratusan anggota Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Sintang. (*)