Presiden Jokowi dan Ibu Iriana diterima Kaisar dan Permaisuri Jepang

oleh
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kehormatan kepada Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako, di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo, Rabu sore, 27 Juli 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

TOKYO, KN – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo melakukan kunjungan kehormatan kepada Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako di Istana Kekaisaran Jepang, Tokyo, Rabu sore, 27 Juli 2022.

Saat tiba di teras depan kediaman Kaisar, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana langsung disambut oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako sesaat setelah turun dari kendaraannya.

“Selamat datang, saya senang sekali dapat bertemu kembali dengan Bapak Jokowi,” ucap Kaisar Naruhito.

“Yang Mulia terima kasih atas penyambutannya,” jawab Presiden Jokowi.

Setelah disambut di teras depan, Presiden dan Ibu Iriana kemudian masuk ke dalam ruang audiensi dan melakukan pertemuan.

Setelah melakukan pertemuan sekitar 30 menit, Presiden dan Ibu Iriana Jokowi berpamitan dan meninggalkan kediaman Kaisar.

“Saya tunggu kunjungannya di Indonesia, Yang Mulia,” ucap Presiden Jokowi.

“Terima kasih, saya mendoakan kebahagiaan dan kesuksesan Bapak Presiden,” kata Kaisar Naruhito.

Naruhito, lahir 23 Februari 1960, adalah Kaisar Jepang ke-126 dan secara resmi naik takhta sejak 1 Mei 2019. Masa kepemimpinannya disebut dengan zaman Reiwa yang bermakna “keselarasan nan indah.” Naruhito menjadi kaisar setelah ayahnya turun takhta pada 30 April 2019. (BPMI Setpres)