Presiden RI Kirim 5.000 Paket Bantuan Untuk Korban Banjir di Sintang

oleh

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno, mengikuti Rapat Koordinasi secara virtual dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia di Command Center Kantor Bupati Sintang pada Rabu, 17 November 2021.

Rakor secara khusus membahas proses Pengiriman Bantuan Kemasyarakatan Presiden RI ke Kabupaten Sintang yang berjumlah 5.000 paket.

Rakor dipimpin langsung oleh Deputi I Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Kemensesneg Rika Kiswardani. Bupati Sintang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Dandim 1205 Sintang Letkon Inf. Kukuh Suharwiyono, Wakapolres Kompol Agus Dwi Cahyono, S.I.K, Kadis PRKP Zulkarnaen, Kepala Pelaksana BPBD, Bernhad Saragih, dan Kadis Perindagkop dan UKM Sudirman.

Turut hadir secara virtual adalah Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Sulaiman Agusto, Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, Fajar Setiardi dari Direktorat Fasilitasi Dan Penanganan Pengungsi BNPB RI, dan Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko.

Deputi I Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Kemensesneg Rika Kiswardani menyampaikan bahwa Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan membantu bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Sintang.

Paket bantuan sudah siap, maka yang perlu didiskusikan adalah cara mendistribusikannya supaya lancar dan tepat sasaran. Kita akan bekerjasama dengan pemerintah daerah, TNI dan Polri.

“ada 5.000 paket bantuan yang terdiri dari beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir, teh celup, dan biscuit. Mohon bantuan agar paket sembako bisa lancar distribusinya. Mudah-mudahan Jumat, 19 November 2021 sudah bisa didistribusikan ke warga Sintang” terang Rika Kiswardani.

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji menyampaikan bahwa Pemprov Kalbar sudah mengirim bantuan untuk 5 kabupaten sebanyak 33 truk dari masyarakat dan pemprov Kalbar.

“cadangan beras sudah mulai dikirim. Bantuan Bapak Presiden nanti, setelah barangnya ada, akan langsung kami distribusikan” ucap gubernur.

Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Sulaiman Agusto menyampaikan bahwa Kodam Tanjungpura sudah membantu pengiriman 35 truk bantuan untuk 5 kabupaten.

“terakhir kami mengirim 546 boks obat-obatan dan vitamin. Kami juga sudah pesan 2.000 selimut, besok saya akan ke Sintang mendampingi Menteri PUPR” terang Mayor Jenderal TNI Sulaiman Agusto.

Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin menyampaikan bahwa korban banjir juga membutuhkan air bersih.

“kami sudah kirim kendaraan operasional. Ada juga bantuan beberapa tenda dan air bersih. Namun air bersih masih kurang” terang Brigjen Pol Asep Safrudin
Kepala Biro Administrasi

Sekretariat Presiden Sony Kartiko menyampaikan bahwa packing bantuan sudah kami lakukan di Pontianak.

“secara simbolis akan diserahkan ke Gubernur Kalbar pada Kamis, 18 November 2021. Selanjutnya truk pembawa bantuan akan langsung bergerak ke Kabupaten Sintang. Kami berharap 10 truk yang membawa bantuan bisa lancar menuju lokasi bencana” terang Sony Kartiko.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyampaikan bahwa korban banjir yang mengungsi juga memerlukan kelambu, popok bayi dan pembalut wanita.

“ada warga kami yang mengungsi di kebun karet, karena banjir lalu nyamuk sangat banyak. Kalau bisa dibantu juga kelambu” terang Yosepha Hasnah.

Rakor juga mendata kebutuhan korban banjir di Kabupaten Sintang yang masih dianggap kurang sehingga mendapatkan intervensi dari Presdien Republik Indonesia.

Dalam rakor tersebut, diperoleh informasi bahwa, Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia pada besok Kamis, 18 November 2021 akan berkunjung ke Kabupaten Sintang. (S2)