Puluhan Ruko Hangus Dalam Kebakaran di Komplek Pasar Tembesuk Sintang

oleh

SINTANG, KN – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Sintang, Martin Nandung mengatakan pihaknya menerima informasi kebakaran di Komplek Pasar Tembesuk, Sungai Durian Sintang sekitar pukul 19.00 Wib.

Untuk kerugian, kata Martin belum bisa ditafsirkan, mungkin nanti setelah proses pendinginan, pihaknya bisa menghimpun data-data yang ada. Paling tidak ada gambaran berapa jumlah ruko atau kios yang terbakar.

Ia memprediksi kebakaran tersebut menghanguskan sekitar 36 ruko.

“Kita bersyukur karena kebakaran hanya menghanguskan satu blok saja dan bisa dengan sigap ditangani,” ujar Martin.

Dikatakan Martin, pihaknya menurunkan seluruh kekuatan di tiga pos. Personil juga diturunkan semua, dengan dibantu dari Busera, Manggala Agni dan TNI-Polri.

“Yang agak memudahkan kita, kebetulan diblok itu ada lorong-lorong yang memungkinkan kita menahan api sehingga tidak meluas dan merembet ke blok lainnya,” ucap Martin.

Martin menyebut, petugas telah melakukan pemadaman sekitar 2 jam. Ia berharap kobaran api bisa teratasi sampai proses pendinginan

“Kendala yang kita hadapi, komplek pasar ini tidak ada sumber air. Artinya tidak ada ground tank, sehingga memang kita harus mengambil air kesungai kapuas,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia masyarakat yang menonton sangat banyak sehingga sangat menggangu mobilitas dalam proses pemadaman dan proses pengambilan air.

“Kita juga bersyukur aparat kepolisian dan TNI menurunkan jumlah yang cukup besar sehingga kami agak bergerak lebih leluasa,” tukasnya. (Fr)