Repdem Kalbar Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir, Tanah Longsor, Angin Puting Beliung dan Kebakaran Rumah Betang

oleh

PONTIANAK, KN – Bendahara Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan), Kalimantan Barat (KALBAR), Sujiwo datangi Posko Kemanusiaan Dewan Pimpinan Derah (DPD), Relawan Perjuangan Demokrasi (REPDEM) Kalimantan Barat untuk banjir (Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sanggau, dan Ketapang, tanah longsor (Mempawah), angin puting beliung (Bengkayang) dan kebakaran rumah Betang, Nanga Nyabau (Kabupaten Kapuas Hulu), bertempat di sekitar kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sabtu (25/07/2020).

Ketua DPD Repdem Kalbar, Paulus Ade Sukma Yadi menyampaikan hari ini sabtu 25 Juli 2020 Posko Aksi Kemanusiaan DPD Repdem Kalbar didatangi oleh Bapak Sujiwo, SE. Selaku Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar yang sekaligus adalah Dewan Pembina DPD Repdem Kalbar, tentu mewakili seluruh jajaran saya mengucapkan banyak terima kasih kepada beliau atas sumbangsihnya kepada posko organisasi sayap Partai berlambang Banteng, Pak Sujiwo memang selama ini tempat kami berdiskusi, berbagi sekhalayaknya kami adalah keluarga di dalam tubuh organisasi sebagai anak dan induk dalam perjuangan.

Secara khusus kami juga mengapresisasi sebesar-besarnya Bapak Lasarus. S. Sos,. M. Si selaku Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, dimana beliau selalu membuka diri kepada sebagai sayap PDIP, seperti kita ketahui sangat dirinya telah teruji kinerjanya di Komisi V DPR RI ditambah lagi beliau adalah Dewan Penasehat DPD Repdem Kalbar, tentu kami terus membangun komunikasi yang baik kepada para pimpinan partai, mereka selalu menasehati, membina dan mengarahkan kami.

Selama ini Repdem Kalbar sangat terbantu dengan bermodalkan jaringan, komunikasi maupun respon positif baik secara lembaga ataupun individu politisi seperti sering dilihat media bagaimana mereka selalu mensupport kami baik secara moril bahkan finansial dalam menggerakkan organisasi secara khusus bantuan untuk atribut organisasi secara gotong royong oleh mereka dalam menggerakkan roda organisasi Repdem Kalbar.

Ade menjelaskan Kami masih terus menjajaki dan bergerak bersama para penasehat, Pembina dan pengarah, seperti Drs. Cornelius Kimha juga sebagai penasehat, Kebing (Ketua DPRD Provinsi KALBAR), Yohanes Rumpak Anggota DPRD Prov. Kalbar), Niken Tia Tantina (Pengurus DPD PDI Perjuangan Kalbar), dan Meiske Anggrainy selaku anggota DPRD Prov. Kalbar sebagai Dewan Pengarah DPD Repdem Kalbar.

Seperti diketahui kegiatan-kegiatan Meiske Anggrainy selalu aktif melibatkan Repdem dalam bersosialisasi, turun langsung ke lapangan baik itu reses dan lainnya untuk menyerap aspirasi rakyat, tentu beliau sadar posisinya sebagai Dewan Pengarah DPD Repdem Kalbar penting dalam melibatkan anak-anak muda dalam belajar berperan dalam kegiatan bersama masyarakat, begitu juga sebaliknya kami sebagai pemuda/pemudi menyadari akan pentingnya sebuah proses dengan harapan ke depannya kami siap menjadi kader-kader yang militan, teruji kualitas, elektabilitas serta mengerti akan pentingnya sebuah perjuangan dalam wadah partai besar sekhalayaknya PDI Perjuangan, kami akan terus dan terus beproses tak ada kata mundur bagi kami untuk belajar.

Repdem Kalbar hingga hari ini telah menyalurkan sembako kepada korban tanah longsor Peniraman, Kabupaten Mempawah, tepatnya Minggu 18 juli 2020, dan kami menarget segera mendistribusikan bantuan ke Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sanggau, Bengkayang dan Ketapang.
Pendistribusian tentu dikategorikan parah dan sedang ditambah lagi hari ini kita tersentak luka mendalam terjadinya kebakaran salah satu cagar budaya kita yaitu Rumah Betang Sao Langke Dinan Nipan Bolong, Desa Nanga Nyabau, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu.

Repdem Kalbar akan berusaha semaximal mungkin membantu masyarakat sesuai slogan organisasi “Sejarah Memanggil Kami Untuk Terus Menangis dan Tertawa Bersama Rakyat”. Hingga hari ini donasi yang terkumpul berupa pakaian layak pakai, sembako, uang tunai sekitar RP 4.213.000, 00, sumbangan didapat dari masyarakat mendatangi posko kami mengantar barang, kemudian transferan dari para donator secara khsusus dari politisi PDI Perjuangan, saat ini Fraksi DPRD PRov. Kalbar, Fraksi DPRD Kabupaten Kubu Raya juga sedang bergotong royong untuk menyisihkan sedikit bantuan kepada masyarakat melalui tangan Repdem Kalbar dalam pensitribusiannya, tak lupa kami ucapkan kepada DPC PDI Perjuiangan Kota Pontianak yang telah bergotong royong berkontribusi kepada kami.

“Tentu semua bantuan yang berupa uang tunai akan dibelikan barang sesuai kebutuhan masyarakat terdampak bencana alam dan kebakaran Rumah Betang Nanga Nyabau, Repdem Kalbar sedang berkomunikasi dengan kades-kades didaerah-daerah tersebut. Komuniakasi juga sedang dilakukan kepada Ketua DPC PDI Perjuangan, Calon Bupati dan Wakil Bupati derah-daerah yang secara kebetulan akan Pilkada, tujuan ini kami berharap mereka juga turut ikut andil dalam membantu kami mendistribusikan bantuan, rencana penditrubusian mengajak para calon turun langsung ke lapangan supaya kita semua mengetahui apa yang terjadi dimasyarakat” ucap Paulus.

Selain menerima donasi dari para donatur, Paulus juga tak lupa mengucapkan belasungkawa kepada masyarakat yang terdampak kebakaran Betang di Nanga Nyabau meskipun hingga hari ini kita ketahui tak memakan korban jiwa, tetapi duka mendalam kita rasakan mengingat cagar budaya hari ini sulit ditemukan terkhusus Kalbar.
“Kapuas Hulu layak kita acungkan jempol dalam menjaga rumah-rumah adat, wilayah adat untuk keberlangsungan hidup anak dan cucu. Kami juga mengucapkan semoga masyarakat yang terdampak bencana alam di Kalbar terus diberikan kesehatan, kenyamanan dalam beraktifitas, seperti ketahui bencana-bencana, musibah-musibah terus melanda dunia pada tahun ini, belum selesai pendemi covid -19, kita telah dihadapkan dengan banyak cobaan yang tak kunjung putus.
“Mari semua menjaga pola hidup sehat, terus jaga imun tubuh supaya tetap kuat, jangan lupa menggunakan masker demi keselamatan diri kita masing-masing dan sesama dimasa New Normal” ajak Paulus.