Sat Lantas Polres Sintang Pra Operasi Patuh Kapuas

oleh

SINTANG, KN – Jajaran Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sintang melaksanakan kegiatan latihan pra operasi Patuh Kapuas tahun 2020 di Balai Kemitraan Mapolres Sintang, Rabu (22/07/2020).

Kegiatan kali ini mengusung tema ‘Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) di wilayah hukum Polres Sintang’.

Operasi Patuh Kapuas 2020 direncanakan akan berlangsung selama 14 hari, dimulai pada 23 Juli hingga 5 Agustus 2020. Dalam kegiatan pra operasi ini, para petugas yang terlibat dibekali dengan sejumlah materi yang telah disiapkan. Operasi ini akan menyasar para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun pengemudi kendaraan roda empat sebagai target operasi.

Kali ini ada 8 sasaran penindakan yang akan menjadi prioritas.

“Pembekalan ini merupakan meteri penyegaran kepada personil yang akan bertugas dalam Operasi Patuh Kapuas 2020 ini. Dalam melaksanakan Ops Patuh Kapuas kali ini kita akan lebih menekankan penindakan yang sifatnya menegur khususnya untuk pelanggaran yang sifatnya dapat menyebabkan fatalitas kecelakaan mulai dari penggunaan helm, safety belt, handphone,” ungkap AKP Aulia Hadiputra, SH, SIK saat menyampaikan materi.

“Secara khusus kita akan memberikan himbauan dan sosialisasi pada warga yang berkendara tanpa masker dan menjaga jarak pada saat berhenti di lampu merah, karna hal tersebut sudah diatur dalam protokol kesehatan dalam adaptasi kehidupan baru kita sekarang ini,” tambahnya.

Kapolres Sintang, AKBP John Halilintat Ginting SIK, MH menyebutkan bahwa kegiatan Operasi Patuh Kapuas kali ini bertujuan untuk mendisplinkan masyarakat dalam berkendara. Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Sintang agar mempersiapkan diri terutama berkaitan dengan kelengkapan berkendara.

“Kita ingatkan kepada masyarakat agar menyiapkan surat-surat perjalanan seperti SIM dan STNK, juga helm yang standar agar tidak terjaring dalam operasi Patuh Kapuas kali ini,” pesan Kapolres.

“Kali ini ada yang berbeda dari item perhatian kita, kita juga akan mengawasi dan menghimbau warga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam pencegahan covid-19, karna kita saat ini sedang mendukung pemerintah dalam rangka adaptasi kebiasaan baru,” ujarnya lagi. (Hr)