Satlantas Polres Sintang Berikan Penyuluhan Kepada Para Supir

oleh

SINTANG, KN – Sekitar 20-an pria berkumpul di Balai Kemitraan Mapolres Sintang, Selasa (7/7/2020) pagi. Mereka dari beragam umur, berkisar ari 20-40 tahun. Ada yang mengenakan celana panjang, dan baju kaos oblong. Ada yang menggunakan handuk untuk selempang. Ada yang mengenakan sepatu, ada pula yang hanya menggunakan sandal jepit. Ada satu kesamaan mereka, pekerjaan mereka sebagai supir. Mulai dari supir truck, supir travel dan supir bus.

Ada yang tampak canggung masuk di pelataran Mapolres Sintang. Masuk di pintu depan Balai Kemitraan, mereka semua menjalani protokol kesehatan. Mereka tampak sudah biasa menjalani tahapan pengecekan menggunakan termogun, lalu mengambil handsanitazer untuk cuci tangan. Kepada mereka dibagikan masker baru secara gratis.

Dengan jarak duduk yang cukup berjauhan, pria-pria ini mendengarkan paparan mengenai keselamatan berlalu lintas dari unit Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sintang. Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sintang, AIPDA Rudi Ruslan R dengan lugas menyampaikan materi.

“Kalau sedang mengemudi kita harus memperhatikan banyak hal, mulai dari pengendara lain di badan jalan, kendaraan yang parkir di pinggir jalan serta rambu-rambu di sepanjang jalan,” terang Aipda Rudi.

“Kita harus menjaga diri kita juga orang lain saat berkendara, terutama bagi pengemudi angkutan umum seperti para peserta ini,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polri kepada masyarakat khususnya para supir kendaraan yang bekerja sehari-hari di jalan. Selain itu kegiatan ini dipergunakan juga oleh Polres Sintang untuk menjalin silahturahmi dengan para mitra pengguna jalan, secara khusus para supir angkutan umum.

“Lewat program ini, kita mau mengajak mereka (para supir.red) sekali lagi mengingat tentang peraturan-peraturan dan tata tertib berlalu lintas. Proses edukasi ini diharapkan dapat memberi mereka pengetahuan, juga kesadaran baru untuk menjaga keselamatan berkendara selama mereka bekerja,” ungkap Kompol Alber. “Selain itu kita juga, lewat acara ini kita mau semakin mendekatkan diri kepada masyarakat, hari ini secara khusus dengan orang-orang yang sehari-harinya bekerja sebagai supir di berbagai tempat, mulai dari supir bus, supir truck sawit, juga ada supir travel Sintang-Pontianak,” pungkasnya. (hps/PNC)