Sebanyak 270 PNS Pemkab Sintang Ikuti Upacara Pengucapan Sumpah Janji

oleh

SINTANG, KN – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M. Si memimpin jalannya upacara pengucapan Sumpah/Janji 270 orang Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang di halaman Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pemerintahan Kabupaten Sintang pada Selasa (15/12/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Pimpinan OPD, Rohaniawan, dan 270 orang Pegawai Negeri Sipil yang mengikuti pengucapan Sumpah/Janji.

“barusan tadi telah kita ikuti dan dengarkan bersama, bagaimana proses pengangkatan atau Ikrar sumpah/janji yang dilakukan oleh PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang sebanyak 270 PNS yang menjadi esensi dari sumpah/janji pegawai negeri sipil itu sendiri, yaitu tanggung jawab dan konsekuensi terhadap pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban oleh seorang PNS” ungkap Yosepha.

Yosepha Hasnah mengatakan bahwa seorang PNS juga dituntut untuk memiliki integritas dalam pelaksanaan tugas dengan sebaik-baiknya dan pengucapan sumpah/janji PNS sudah menjadi konsekuensi logis bahwa sumpah/ janji yang diucapkan merupakan manifestasi dari kesanggupan kita baik terhadap masyarakat, atasan pejabat berwenang maupun terhadap Tuhan Yang Maha esa untuk mentaati apa yang menjadi kewajiban dan menghindari dari larangan yang telah ditentukan.

“Sumpah janji yang dilakukan bukan hanya bersifat formalitas belaka namun akan menjadi pedoman dalam melaksanakan tugas sehari-hari berdasarkan ketentuan yang berlaku dan apabila diketahui terbukti melakukan hal-hal yang bertolak belakang dengan aturan-aturan serta norma-norma yang berkaitan dengan kedudukan saudara sebagai PNS, maka akan mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS” tambah Sekda Sintang.

Sekda menjelaskan prosesi pengambilan sumpah janji PNS merupakan agenda yang harus dipenuhi dalam tata kelola administrasi kepegawaian sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 66 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan pasal 39 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 di mana pada ketentuan tersebut telah diamanahkan bahwa setiap calon pegawai negeri sipil yang diangkat menjadi pegawai negeri sipil wajib mengucapkan sumpah janji.

“Agar menjadi perhatian dari kita semua bahwa dalam melaksanakan tugas kita harus mengedepankan etika moral, kejujuran, keikhlasan dan memiliki rasa tanggung jawab serta terus meningkatkan kemampuan dan kualitas diri dalam arti meningkatkan pengetahuan serta keterampilan guna mendukung tugas pokok dan fungsi dari satuan dan unit kerja masing-masing” pesan Yosepha.

Menutup sambutannya, Yosepha Mengingatkan kepada PNS yang baru mengucapkan sumpah/janji agar meresapi dan menghayati sumpah/janji yang diucapkan didalam hati kemudian diterapkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi sebagai PNS di lingkungan pemerintah Kabupaten Sintang. (SS)