Sebelum Launching, Bupati Jarot Tinjau Sarpas Pendidikan di SDN 07 Buntut Ponte

oleh

SINTANG, KN – Saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Desa Buntut Ponte, Kecamatan Serawai, Sabtu (15/2/2020), Bupati Sintang meluangkan waktunya untuk melihat sarana dan prasarana (Sarpas) pendidikan di desa tersebut.

Bupati Sintang, Jarot Winarno didampingi rombongannya pun meninjau satu di antara sekolah dasar negeri (SDN) 07 Buntut Ponte. Selanjutnya, orang nomor satu di Bumi Senentang inipun melanjutkan kegiatan utamanya yakni melaunching pembangunan ruas jalan dari Desa Buntut Ponte menuju Desa Nanga Bihe yang alokasi anggaranya sudah ada dan tinggal dikerjakan.

“Sejak tahun lalu sudah kita bangun dari tanjung raya ke bihe, kemudian bihe ke ponte, tetapi mungkin jalan itu belum bagus benar, sehingga tahun ini kita mulai lagi, kita tambah lagi pembangunannya dari ponte menuju bihe,” ungkap Bupati Jarot.

Jarot pun mengatakan pembangunan akses jalan baik antar desa ke desa lain dan dari desa ke ibu kota kecamatan sangatlah penting. Sebab hal tersebut begitu erat kaitannya dengan keterbukaan suatu wilayah.

“Meskipun desa memiliki dana desa yang bisa di anggarkan untuk membangun jalan desa, tapi itu tidaklah cukup. Bahkan tradisi gotong royong atau swadaya terjadi, tapi hal itu pun belum tentu mampu bagi sebuah desa menaikan kelasnya. Untuk itulah Pemkab Sintang terus berupaya membangun akses-akses menuju desa di Kabupaten Sintang ini,” tuturnya.

“Kalau macam Bihe lah, dulu memang ada jalan P3KI ya, kemudian tidak terawat. Kalau lah tidak ada jalan darat coba kita bayangkan berapa jauh harus mau ke Ibu Kota Kecamatan Serawai. Jadi, kalau desa-desa tidak terhubung ke Kecamatan, tidak mungkin juga kita bisa naik kelas,” pungkasnya. (*)