Sejumlah Desa di Kecamatan Bonti Masih Terendam Banjir

oleh
Kondisi Banjir di Kecamatan Bonti Kabupaten Sanggau. Poto SB.

SANGGAU, KN – Camat Bonti, Yulius Eka Suhendra mengatakan terkait bencana alam berupa banjir yang terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Bonti seperti Desa Bonti, Desa Kampuh, Desa Sami dan Desa Bahta, Kabupaten Sanggau, Kalbar hingga kini kondisi air masih bertahan dan membuat sejumlah rumah warga setempat terendam banjir.

“Kondisi air masih bertahan, 60 centimeter sampai 1.5 meter paling dalam. Yang terkena dampak banjir Desa Bonti, Kampuh, Sami dan Bahta. Banjir mulai tanggal 15 dan mulai tinggi tanggal 16,17 dan hari ini,”kata Yulius Eka, Senin (18/1/2021).

Ia mengatakan berdasarkan data rekapan sementara pada tanggal 17 Januari 2021, Desa Bonti Rumah yang terendam sebanyak 62 KK, sawah/ladang seluas 35,2 ha (93 KK).

Karena itu, sejumlah warga setempat yang rumahnya terendam banjir untuk sementara waktu mengungsi dirumah keluarga, sedangkan bagi rumah warga yang bertingkat tidak mengungsi.

“Desa Kampuh Rumah sebanyak 112, sawah/ladang 36,1 ha ( 100 KK). Desa Sami Rumah 30, Sawah/ladang 46 ha ( 58 KK) Desa Bahta Rumah 62 dan sawah/ladang 6,49 ha (12 KK ). Ini data sementara masih menunggu info terbaru dari desa,”ujar Yulius Eka.

Lebih jauh diharapkan agar warga setempat untuk tetap waspada terhadap banjir susulan mengingat kondisi cuaca di Sanggau tidak menentu. (Bry/SB)