Sekda Minta CPNS Profesionalisme, untuk Memberikan Kinerja yang Berkualitas

oleh

SINTANG, KN – Sebanyak 40 orang Calan Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang mengikuti Pelatihan Dasar selama 6 hari tatap muka di Aula BKPSDM Kabupaten Sintang.

Pelatihan dasar CPNS tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, Senin (15/11/2021).

Dalam sambutannya, Yosepha menyampaikan bahwa birokrasi kelas dunia itu dicirikan dalam beberapa hal, yaitu pelayanan publik yang semakin berkualitas dan tata kelola pemerintahan yang semakin efektif dan efisien.

Selaras dengan visi dan misi Bupati Sintang terpilih saat ini, untuk melanjutkan prime mover yang salah satunya adalah menata dan mengembangkan manajemen pemerintah daerah yang sesuai dengan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Pemerintahan yang baik dan bersih tersebut dapat dibangun salah satunya dengan memperhatikan aspek sumber daya aparatur. Karena aspek sumber daya aparatur menentukan berjalannya sebuah organisasi.

“urgensi dari membentuk sumber daya aparatur yang berkarakter, berkompeten, dan profesional, tidak ada batas untuk melakukan pengembangan diri dalam meningkatkan kualitas diri. Bukan berarti setelah usai mengikuti pelatihan dasar CPNS maka selesai pula untuk meningkatkan potensi diri. tidak ada kata berhenti untuk menjadi pribadi yang lebih baik” terang Yosepha.

Yosepha berpesan untuk peserta pelatihan dasar agar bersikaplah profesionalisme, untuk memberikan kinerja yang berkualitas, dengan output kerja yang memuaskan bagi masyarakat.

“Berikanlah solusi terbaik yang strategik dan aktual atas kebijakan dan permasalahan yang muncul. Bekerjalah dengan solid dan sinergis di berbagai lapisan penugasan. Jadilah untuk lebih inovatif, kreatif dan responsif terhadap berbagai keadaan. Meningkatan pelayanan prima sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat” pinta Yosepha.

Sikap diatas harus dibingkai dengan norma-norma agama, etika, tata krama, dan budaya luhur, yang semua itu termaktub dalam ideologi kita yaitu “Pancasila”.

Pancasila adalah rumah kita bersama, rumah kita sebagai saudara sebangsa. kita ingin bersama dalam bhinneka tunggal ika. sumber daya aparatur yang unggul dibangun dalam lima poin di atas yang dibingkai dengan Pancasila” pungkas Yosepha. (SS/D2)