Sekda Sintang Harapkan Ibu-Ibu Memberikan Respon Positif Terhadap Pencegahan Stunting

oleh

SINTANG, KN – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, membuka dan memberikan pengarahan pada Rembuk Stunting di Desa Sungai Labi, Kecamatan Kelam Permai, Kamis (2/9/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, menyampaikan anggaran Pemkab Sintang pada dua tahun terakhir mengalami penurunan yang sangat signifikan dan terkuras untuk penanganan covid-19.

“kita hari ini melakukan diskusi dan rembuk untuk mencegah terjadinya stunting di Desa Sungai Labi. Ibu hami dan balita sangat rentan untuk terjadinya stunting. Maka saya mau mengingatkan agar sejak ibu hamil sampai 1000 hari pertama kehidupan, agar betul-betul memperhatikan asupan gizinya, supaya nanti anaknya lahir tidak mengalami stunting” terang Yosepha.

Lanjut Yosepha, mencegah stunting ini bahkan dilakukan sejak rencana pernikahan akan dilakukan. Sebelum menikah, pasangan harus memahami bagaimana mempersiapkan anak yang baik, maka nanti akan lahir anak-anak yang sehat dan pintar.

Pencegahan juga dilakukan sampai usia anak 2 tahun. Mengapa stunting ini harus kita cegah, karena akan mempengaruhi pertumbuhan anak sampai dia dewasa nanti. Supaya anak-anak tidak pendek dan pertumbuhan otak anak yang baik pula. Ke depan, anak-anak harus tumbuh secara fisik normal dan bagus, tentu juga otaknya cerdas.

Gerakan ini akan berhasil kalau ibu-ibu mau memberikan respon positif terhadap pencegahan stunting. Ajak ibu-ibu yang ada bayi bahkan pasangan yang akan menikah sudah diajari memahami gerakan ini. Sehingga nanti, tidak ada lagi kasus stunting, gizi buruk, kematian ibu, dan kematian bayi di daerah kita ini. Ibu-ibu jangan berkecil hati karena tinggal di kampung dalam hal pendidikan.

Saya juga berasal dari kampung yang jauh di Sepauk Hulu. Dulu kalau saya mau ke Kota Sintang naik motor air bisa sampai 3 hari baru sampai. Tetapi kalau kita mau berusaha, maka kita akan bisa mencapai pendidikan yang baik. Saya yakin ditangan ibu-ibu, stunting akan bisa dicegah. Dan tahun depan, tidak ada lagi orang stunting di Desa Sungai Labi.

“Dampingi semua ibu hamil, pasangan muda dan bayi” harap Yosepha. (SD)