STTD Prioritaskan Sintang untuk Pendidikan

oleh

SINTANG, KN – Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Zulkarnen mewakili Bupati Sintang membuka Sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna/I (SIPENCATAR) di Kabupaten Sintang yang diselenggarakan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD di Balai Praja, Kantor Bupati Sintang, Jumat (28/2/2020).

Turut hadir pada acara tersebut Perwakilan Direktur STTD, Sekretaris Dinas Perhubungan Kalimantan Barat, Perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Melawi dan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang.

Zulkarnaen memberikan saran supaya siswa/siswi yang menghadiri sosialisasi agar dapat mengikuti pendidikan STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat).

“Mudah-mudahan dari beberapa siswa dan sisiwi yang hadir pada hari ini dapat mengikuti pendidikan STTD, saya harapkan sosialisasi pada hari ini dapat bermanfaat bagi adik-adik dan bapak ibu guru agar dapat kiranya menjadi cikal bakal untuk melanjutkan perguruan tinggi,” katanya.

Selain itu juga, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang Florensius Kaha mengatakan bahwa kuota yang disediakan untuk Kabupaten Sintang yaitu berjumlah 9 orang. “Jadi, silahkan berkompetisi yang berkeinginan menjadi pilot, teknisi pesawat juga boleh. Maka dari itu seleksi yang pertama adalah tinggi badan, nanti akan kita lakukan penerimaan tes di Dinas Perhubungan, dan langkah selanjutnya melakukan tes di provinsi,” ungkapnya.

Tonny C.M Korah yang mewakili Direktur STTD mengungkapkan bahwa inti dari pada pelaksanaan sosialisasi ini adalah menyebarluaskan seluruh program kegiatan yang ada di STTD, terkhusus adalah mekanisme penerimaan dari taruna-taruni di PTDI-STTD nanti.

“Pelaksanaan perkualiahan pembelajaran ini sifatnya vokasional, jadi kita akan membicarakan ilmu pengetahuan yang bersifat terapan tentang transportasi darat, contohnya adalah sarana dan prasarana jalan raya, kereta api beserta rel, dan penguji kendaraan bermotor,” ujarnya.

Dia menjelaskan tentang seleksi setiap tahun bagi para calon taruna maupun calon taruni “Kami mengadakan seleksi setiap tahun, dalam hal ini kami juga bekerja sama dengan pemda terutama Pemda Sintang. Jadi, nanti adik-adik yang berasal dari Sintang saya rekomendasikan untuk dapat mengikuti tes melalui panitia seleksi nasional yang terkait dengan MENPAN dan kementrian pusat perhubungan,” pungkasnya. (*)