Tahun Depan, Pemkab Sanggau Siap Mekarkan Enam Desa

oleh

SANGGAU, KN – Pemerintah Kabupaten Sanggau saat ini sedang mempersiapkan pemekaran 6 Desa persiapan yang meliputi Desa Menyongka Elok merupakan pemekaran dari Desa Sape Kecamatan Jangkang, Desa Darok pemekaran dari Desa Bantai Kecamatan Bonti, Desa Sungai Kenaik pemekaran dari Desa Sungai Jaman Kecamatan Tayan Hilir, Desa Seguna pemekaran dari Desa Sungai Mawang, Kecamatan Mukok, Desa Tanak pemekaran dari Desa Semayang Kecamatan Kembayan dan Desa Tapang Sebuluh pemekaran dari Desa Malenggang Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau.

Kunjungan kerja Komisi I DPRD Kalbar diterima langsung Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot di lantai satu Sekretariat Daerah Kabupaten Sanggau. Hadir juga staf ahli Bupati Sanggau, para asisten, Kabag terkait, Camat dan Kades yang wilayahnya masuk persiapan pemekaran Desa.

Usai menggelar pertemuan dengan Komisi I DPRD Kalbar, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan apresiasi kepada Komisi I DPRD Kalbar yang telah memberikan perhatian terhadap proses pemekaran 6 Desa persiapan di Kabupaten Sanggau yang nantinya akan dijadikan Desa Definitif.

“Tentunya kita memberikan apresiasi kepada Komisi I DPRD Kalbar karena sudah memberikan perhatian serta dukungan terhadap proses pemekaran Enam Desa persiapan di Kabupaten Sanggau yang nantinya akan dijadikan Desa Definitif,” ungkap Yohanes Ontot, Wakil Bupati Sanggau. Selasa, (6/10/2020).

“Keenam Desa persiapan ini nanti akan dibahas di DPRD untuk ditetapkan, yang jelas kita siap di tahun 2021 untuk melakukan pemekaran dan keenam Desa persiapan ini kita nilai sudah memenuhi syaratlah untuk di mekarkan untuk dijadikan Desa Definitif,” tambah Ontot.

Sementara itu, Ketua Komisi I DPRD Kalbar, Angeline Fremalco mengungkapkan, kunjungan kerja ke Kabupaten Sanggau ini guna untuk melihat sejauhmana perkembangan persiapan pemekaran di Sanggau.

“Hari ini kami ke Sanggau melihat sejauhmana perkembangan persiapan pemekaran Desa di Sanggau berdasarkan laporan Anggota DPRD Kalbar Dapil Sanggau – Sekadau yang menyebutkan bahwa sedang ada pemekaran Desa di Sanggau. Kami ingin tahu kendalanya seperti apa,” ungkap Angeline Fremalco, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalbar.

Angeline menambahkan, berdasarkan hasil pengecekan dan pemantauan di Sanggau, pemekaran Desa yang sedang disiapkan Pemerintah Daerah sudah berjalan baik dan tahun depan (2021) sudah bisa berjalan.

“Intinya kami Komisi I yang membidangi Pemerintahan mensuport apa yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah. Kamipun siap membantu apabila ada kendala yang dihadapi Pemerintah Daerah. Kami juga memberikan apresiasi kepada Pemkab Sanggau yang sudah sangat proaktif dan berusaha agar pemekaran Desa ini bisa berjalan lancar,” pungkasnya. (Bry/Asm/SB)