Tekan Jumlah Penderita Kanker Serviks, Persit KCK Tanjungpura Lakukan Pemeriksaan Gratis

oleh
oleh

KUBU RAYA – Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura menggelar bhakti sosial pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) gratis di Rumah Sakit Tingkat II Kartika Husada Jalan Adi Sucipto, Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimatan Barat, Senin (12/3/2018). Pemeriksaan IVA gratis diikuti ratusan anggota Persit, Pia Ardyagarini dan Jala Senastri yang tergabung di daerah Kalimantan Barat.

Selain dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Persit Kartika Chandra Kirana yang ke-72 dan Hari Ulang Tahun Dharma Pertiwi ke- 54 kegiatan bhakti sosial pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) ini juga bertujuan untuk menekan jumlah penderita kanker serviks di Indonesia khususnya di Kalimantan Barat, pemerintah berupaya melakukan optimalisasi program deteksi dini kanker serviks. Pada kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura Ny. Tien Achmad Supriyadi.

“Kami ingin turut serta berperan aktif dalam menekan jumlah penderita kanker serviks di Indonesia,” ujar Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura Ny. Tien Achmad Supriyadi.

Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternatif dari pap smear karena biasanya lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilaksanakan dan peralatan sederhana serta dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi, tutur Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura Ny. Tien Achmad Supriyadi, mengakhiri.(Pdm)