Tidak Puas Hasil Pilkades, Wabup Sintang: Lapor ke Panitia Tingkat Kecamatan

oleh

SINTANG, KN – Sebanyak 291 Desa di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang telah melakukan pemilihan kepala desa serentak pada Rabu, 7 Juli 2021.

Wakil Bupati Sintang Sudiyanto usai melakukan monitoring di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS)  mengharapkan agar calon calon kepala desa dan para pendukungnya yang tidak puas dengan hasil pemilihan kepala desa agar melapor secara tertulis kepada Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kecamatan.

“Memperhatikan Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat tentang Kategori Resiko Kenaikan Kasus Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Barat pertanggal 4 Juli 2021 Zonasi Penyebaran Covid-19 Kabupaten Sintang berada pada Zona Oranye (Resiko Sedang) yang mendekati Zona Merah (Resiko Tinggi), maka segala hal karena ketidakpuasan hasil pilkades, dilarang ramai-ramai melakukan aksi ketidakpuasan. Hanya boleh dalam bentuk surat tertulis saja. Bahkan penyelesaian sengketa, harus dilakukan secara virtual,” kata Sudiyanto.

“Mengenai hal ini, kita sudah keluarkan instruksi dan sudah disampaikan ke Camat Se-Kabupaten Sintang, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kecamatan Se-Kabupaten Sintag, Penjabat Kepala Desa Se-Kabupaten Sintang, Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Se-Kabupaten Sintang, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Desa Se-Kabupaten Sintang dan Badan Permusyawaratan Desa Se-Kabupaten Sintang,” tambahnya.

Dikatakan Sudiyanto, penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2021 tetap memprioritaskan secara virtual dan secara tertulis. Penyampaian berkas atau dokumen gugatan disampaikan ke DPMPD Kabupaten Sintang, tidak lebih dari 1 (satu) orang.

“Penyampaian berkas dan penyelesaian sengketa dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat. Pelaksanaan kegiatan rapat dan pertemuan yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan ditutup untuk sementara waktu sampai dinyatakan aman oleh Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang,” jelas Sudiyanto.

Kabupaten Sintang memiliki 391 desa, jika 291 desa melaksanakan Pilkades hari ini, maka ada 74 persen desa di Kabupaten Sintang menyelenggarakan proses demokrasi tingkat desa pada hari yang sama.

“Pilkades 2021 ini Ada 1.005 TPS dengan jumlah calon kepala desa sebanyak 1. 023 orang dan jumlah DPT mencapai 188. 820 orang,” pungkasnya. (*)