Tiga Polres di Jajaran Polda Kalbar Raih Penghargaan 

oleh

KALBAR, KN – Tiga Polres di Jajaran Polda Kalbar menerima penghargaan terkait Indeks Tata Kelola (ITK) kategori tipe Polres perbatasan dari empat kategori yang dinilai yaitu rawan konflik, perairan, perbatasan dan kategori umum. Pencapaian tersebut diumumkan melalui sarana Video Konferensi pada Kamis(18/02/2021) oleh Lembaga Kemitraan Partnership yang bekerjasama dengan Polri untuk menilai indeks tata kelola dimana penilaian ini sudah berlangsung sejak tahun 2016 lalu.

Aspek penilaian Lembaga Kemitraan Partnership meliputi 7 komponen yaitu kompetensi, perilaku, transparasi, keadilan, akuntabilitas, efektif dan responsif. Penilaian ini akan terus dilakukan pada tahun 2021 dengan melibatkan jajaran Kepolisian Daerah (Polda) menjadi objek penilaian.

Tiga Polres di jajaran Polda Kalbar yakni Polres Bengkayang, Polres Sambas dan Polres Sanggau. Mendapatkan penghargaan Indeks Tata Kelola (ITK) Dengan Kriteria Polres Perbatasan karena memiliki kinerja yang baik menuju reformasi birokrasi organisasi.

Berikut hasil pemaparan dari Kemitraan Partnership :
1. Polres Bengkayang, kategori Polres Perbatasan dengan skor 6,19
2. Polres Sambas, kategori Polres Perbatasan dengan skor 6,18
3. Polres Sangau, kategori Polres Perbatasan dengan skor 6,03

Polres ini berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Daerah ini memiliki gerbang “Border” dan memiliki signifikasi kejahatan transnasional yang tinggi.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto mengharapkan dengan penghargaan ini Polres jajaran dapat lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas kepolisian di tengah masyarakat walaupun dalam kondisi pandemi Covid 19.

“Semoga prestasi ke Tiga Polres Perbatasan di jajaran Polda Kalbar dapat memicu semua Polres yang ada di jajaran Polda Kalbar untuk lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambahnya. (Rls)