Tingkatkan Kedaulatan Pangan, DPD RTI Kalteng Gelar MUSDA dan MUSCAB

oleh
Momentum Musda dan Muscab DPD Rumah Tani Indonesia (RTI) Kalteng.

PALANGKARAYA, KN -Dewan Pengurus Daerah Rumah Tani Indonesia (DPD RTI) Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Musyawarah Daerah (MUSDA) dan Musyawarah Cabang (MUSCAB) bersama, dengan mengangkat tema “Tidak ada Kedaulatan Pangan tanpa kesejahteraan petani”, Kegiatan dilaksanakan dia Aula Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palangka Raya, Senin, (19/4)

Kegiatan tersebut dilaksanakan Semi Virtual dan dihadiri secara Virtual oleh Ketua Umum DPP RTI, hadir secara langsung dalam acara Musda dan Muscab tersebut perwakilan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta Perwakilan dari Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai wujud dukungan dan sinergitas atas terselenggaranya kegiatan organisasi Tani tersebut.

Ketua DPD RTI Provinsi Kalteng Petrus Tampubolon menyampaikan dalam sambutannya, bahwa dengan hadirnya RTI di Kalimantan Tengah merupakan bentuk kontribusi pihaknya sebagai pemuda untuk menjawab setiap perkembangan dan tantangan mengenai pertanian yang ada di Kalimantan Tengah.

“RTI membawa semangat keberpihakan kepada petani, jangan sampai ada lagi anak muda menganggap bertani itu suatu kemunduran, petani sesungguhnya merupakan salah satu elemen penting, soko guru bangsa yang turut menjaga bangsa dan Negara Indonesia” ungkap Petrus Tampubolon.

Ia juga menyampaikan bahwa DPD RTI Provinsi Kalteng Siap bekerjasama dengan lembaga-lembaga dan instansi terkait untuk memajukan  pertanian dan memberikan kesejahteraan bagi petani Kalimantan Tengah. Petani Kalteng diharapkan bisa lebih mandiri dan solid dalam menyikapi beragam persoalan yang dihadapinya, tentunya DPD RTI Kalteng siap berjuang bersama petani Kalteng.

Sementara Perwakilan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Muhajirin menyampaikan harapan agar RTI bisa menjadi penggerak kelompok tani di desa-desa sehingga bisa menghasilkan kesejahteraan bagi para petani di Kalimantan Tengah.

“Kami menyambut baik dan siap bekerjasama untuk menggerakkan kehutanan mengembangkan potensi hutan dengan mengembangkan tanaman budidaya lainnya, yang ada di Kalimantan Tengah” tutup Arifin dalam sambutannya mewakili Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng.

Untuk diketahui, Petrus Tampubolon yang merupakan Aktivis Pemuda Kalteng sekaligus juga Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan Universitas Palangka Raya, terpilih menjadi Ketua DPD RTI Provinsi Kalimantan Tengah, dan dilantik secara virtual oleh Ketua Umum RTI, Kikin Tarigan, yang juga Dewan Pakar PP Pemuda Katolik.