Wabup Askiman Pimpin Rakor Lintas OPD, Pasar Masuka jadi Perhatian Serius

oleh
oleh

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang, Askiman memimpin jalannya rapat koordinasi lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Sintang di Balai Pegodai, Rabu (15/4/2020).

Rapat koordinasi membahas rencana penataan sejumlah pasar di Kota Sintang yang mengalami sejumlah persoalan tersebut dihadiri sejumlah Kepala OPD yang terkait langsung dengan pasar.

Wakil Bupati Sintang, Askiman menjelaskan bahwa pasar yang ada dalam Kota Sintang sudah memiliki fasilitas umum yang baik.

“Dalam melakukan penataan ini kita juga sesuai standar yang ada. Pasar Junjung Buih saya lihat sudah baik namun fungsinya belum maksimal seperti lantai dua dan tiga belum difungsikan. Kawasan Pasar Inpres tata parkirnya perlu diperbaiki. Pasar di Jalan Brigjend Katamso juga harus kita awasi, karena sudah mulai semerawut,” pinta Wabup Askiman.

Selain itu, Wabup Askiman memberikan perhatian khusus untuk Pasar Masuka. Sebab dia mengaku banyak menerima laporan dan aduan dari masyarakat terkait dugaan pungli yang dilakukan aparat pemerintahan.

“Saya minta jangan melakukan pungutan diluar aturan. Jangan lakukan pungli. Penataan parkir amburadul. Ada kendaraan parkir inap yang mengganggu keluar masuk kendaraan. Saya langsung merasakan ini karena sering belanja kesana. Jadi, tolong ini diperhatikan,” tgasnya.

Kadisperindagkop dan UKM Sintang, H Sudirman menjelaskan bahwa penertiban dan pembenahan selalu dilakukan dua bulan sekali. “Namun, setelah ditertibkan. Kondisi yang tertib itu hanya berlangsung 2 hari. Setelah itu semerawut lagi. Penyebabnya banyak PKL yang berjualan bukan pada tempatnya. Areal parkir dipakai oleh pedagang bukan untuk parkir. Kami siap memberikan dukungan atas rencana penataan dan penertiban ini. Saya juga akan tuntaskan persolan ini sebelum bulan puasa. Persoalan Pasar Masuka sangat kompleksitas. Tapi kami yakin 2 minggu selesai jika lintas OPD bisa bersama-sama,” pungkasnya. (*)