Wabup Buka RAT Koperasi Raja SWA

oleh
oleh

SINTANG – Koperasi Raja Swa menggelar Rapat Anggota Tahunan atau RAT, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sintang bertempat di Langkau Balai Ruai Desa Bangun, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang pada Minggu lalu yang ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali dengan didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sintang.

Wakil Bupati Sintang memberikan arahannya dihadapan para anggota koperasi raja swa, Askiman mengatakan bahwa koperasi Raja Swa ini merupakan salah satu koperasi yang aktif di wilayah Kecamatan Sepauk, “total koperasi di Kecamatan Sepauk ini ada 16 koperasi, ada 5 koperasi yang sudah tidak aktif, dan 11 nya koperasi yang masih aktif , salah satunya adalah koperasi Raja Swa ini, sehingga tentu saya bangga dengan koperasi ini karena baru 4 tahun sudah maju”, kata Askiman.

Askiman memberikan motivasi kepada para anggota Koperasi Raja Swa agar kedepan koperasi bisa maju dan berkembang, “tingkat capaian suatu keberhasilan daripada sebuah tata kelola usaha apapun, kita akan sukses kalau kita dapat mengelola kemampuan diri sendiri dan orang banyak, itu adalah sukses pada diri sendiri, begitu juga kita mengelola orang lain, jadi harus lah punya tatanan dapat mengembangkan kemampuan diri sendiri di bidang koperasi agar dapat mengembangkan koperasi”, ungkapnya.

ini, sambung Wakil Bupati dalam arahannya, kalau lahan perkebunan sawit ini bisa berkembang, Pemerintah bisa membantu untuk pengembangannya, “perusahaan sawit disini memiliki 298 hektar lahan, kalaulah dapat berkembang terus sehingga mencapai ribuan hektar, maka 5 tahun kedepan bisa panen, dan kita bantu untuk hilirisasi produk dengan skala kecil bagi tingkat desa, jika hasil panen baik, dan bisa maksimal nantinya, Pemerintah bantu membelikan pabrik mini untuk pembuatan minyak dalam kemasan, ini adalah perwujudan koperasi yang kita impikan”, kata Askiman.

“Saya yakin dengan umur 4 tahun, koperasi sudah bisa berkembang dan maju, kepada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Sinang, pantau terus koperasi ini, berikan pembinaan dan pengawasan secara langsung, karena koperasi ini bisa jadi koperasi percontohan di Kabupaten Sintang”, pesan Askiman.

Ketua Koperasi Raja Swa, Darius Anu menyampaikan rasa bangga atas kehadiran Wakil Bupati Sintang dalam kegiatan RAT Koperasi Raja Swa ini, “tentunya saya mewakili semua anggota koperasi merasa bangga karena Rapat Anggota Tahunan Koperasi Raja Swa ini dihadiri oleh Wakil Bupati Sintang, sehingga dengan kehadiran beliau agar dapat memberikan dan bisa memotivasi kepada para anggota koperasi raja swa”, kata Darius.

Darius menjelaskan perjalanan panjang atas berdirinya sebuah koperasi Raja Swa yang terletak di Desa Bangun, Kecamatan Sepauk ini, “koperasi ini didirikan sejak 1 Mei 2014 silam, berdirinya koperasi ini berdasarkan atas keprihatinan kita terhadap sebuah investasi, seperti salah satunya ialah investor sawit yang kita ketahui sudah lama masuk di Kalbar dan untuk di Desa Bangun ini pada tahun 2011 ada masuk satu perusahaan sawit, maka kami dirikan sebuah koperasi ini”, jelasnya.

Sambung Darius, bahwa koperasi ini didirikan pada tahun 2014 silam dengan jumlah anggota hanya 34 orang, “awal berdiri Koperasi ini hanya memiliki 34 anggota saja, tetapi setiap tahun kita laksanakan Rapat Anggota Tahunan atau RAT jadi anggota semakin tahun semakin bertambah, kami sudah laksanakan RAT sebanyak empat kali, jadi jumlah total anggota koperasi Raja Swa ini sebanyak 73 anggota”, sambungnya.

Darius menambahkan bahwa perjalanan panjang dalam proses dirinya koperasi ini tentu banyak rintangan, “yang namanya proses tentu banyak rintangan, koperasi ini sudah kita buatkan akte notarisnya, sudah dibuatkan Surat Izin Tempat Usaha, kemudian juga Surat Izin Usaha Perdagangan dan sebagainya sehingga saat ini kami sudah bermitra dengan salah satu perusahaan sawit yang ada di Desa Bangun ini yaitu PT. Kencana Alam Permai”, tambahnya.

Darius berharap dengan adanya Rapat Anggota Tahunan tahun buku 2017 ini dapat memperbaiki kinerja untuk kedepannya, “saya berharap agar koperasi ini semakin tahun semakin berkembang, dan dapat maju”, harapnya. (Hum)