Wabup Sintang Dorong Desa Miliki Relawan Kebakaran

oleh
oleh
Wabup Sintang saat menyerahkan Bantuan pada korban kebakaran di Sungai Segak

SINTANG, KN – Meningkatnya kasus kebakaran akhir-akhir ini membuat Pemerintah Kabupaten Sintang mendorong setiap desa memiliki atau membentuk relawan kebakaran, hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Sintang, Sudiyanto.

Sudiyanto mendorong setiap desa yang ada di Kabupaten Sintang, untuk membentuk relawan pemadam kebakaran. Hal itu dianggap Sudiyanto sangat dibutuhkan, mengingat damkar yang ada di kabupaten Sintang kesulitan menjangkau kecamatan atau desa saat terjadi kebakaran, karena jarak yang terlampau jauh juga infrastruktur yang belum mendukung.

Seperti kebakaran yang baru saja terjadi di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sepauk, termasuk di Nanga Pari, Maret lalu, yang menyebabkan satu korban jiwa meninggal dunia.

Lokasi kebakaran di Desa Nanga Pari, letaknya sangat jauh dari Kecamatan Sepauk sehingga membutuhkan 4 jam perjalanan. “Bayangkan selama 4 jam perjalanan untuk menuju TKP, kan udah hangus semua, apa yang kita selamatkan lagi, oleh sebab itu kita mendorong setiap desa memiliki relawan kebakaran serta setiap desa dapat menganggarkan mesin untuk memadamkan api, seperti mesin robin maupun yang lainnya” harap Wabup.

Menurut Wabup dengan Kondisi jalan sulit dilalui kendaraan sehingga pemadam kebakaran tidak dapat mencapai TKP. Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, namun api yang cepat membesar susah diatasi.

“Perlu kewaspadaan antisipasi kedepan. Alat pemadam diperlukan di setiap desa, harus diadakan, paling tidak jenis robin, supaya itu bentuk antisipasi, ada pemadam sukarelah lah, ditingkat desa dibentuk oleh desa. Embung juga juga harus ada. Dana desa juga bisa dianggarkan untuk penyediaan alat pemadam,” ujar Sudiyanto, Selasa (27/4/2021).

Selain itu, Sudiyanto juga mengingatkan soal instalasi listrik. Apalagi, banyak terjadi kebakaran diduga akibat korsleting listrik.

“Kabel listrik juga harus jadi perhatikan, harus yang standar. Kepada masyarakat, kebakaran bukan hanya di sepauk, terjadi juga di kecamatan lain, masyarakat perlu hati hati dan tingkatkan kewaspadaan. Api kecil itu kawan, besar jadi lawan,” ucapnya. (GS)