Wabup Sintang Minta Perusahan Komitmen Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

oleh
oleh

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang, Askiman yang juga Wakil Ketua I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disesase (Covid-19) Kabupaten Sintang memimpin jalannya rapat dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memiliki pabrik pengolahan kelapa sawit di Kabupaten Sintang.

Rapat dilaksanakan di Balai Pegodai pada Senin, (27/4/2020) tersebut membahas komitmen perusahaan dalam mencegah penyebaran virus corona serta tidak menerima tenaga kerja dari luar Kabupaten Sintang dan negara luar. Selain itu meminta perusahaan menjalankan protokol kesehatan, melaksanakan anjuran pemerintah dan mengambil langkah-langkah pencegahan lainnya.

“Ada 116 warga Sintang yang bekerja di Malaysia yang akan segera masuk atau dipulangkan melalui jalur tikus, Saya sudah ingatkan warga di sana untuk menerima mereka” terang Askiman.

Terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona oleh pihak perkebunan, Bagi saya kegiatan perusahaan silakan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan anjuran pemerintah serta mengambil langkah-langkah antisipasi.

“Perusahaan memang perlu tenaga kerja, tetapi dalam kondisi seperti ini, maka mendatangkan pekerja dari luar terpaksa kami larang, karena kita sama-sama menghentikan penyebaran virus corona di Kabupaten Sintang, dan upayakan seluruh pekerjaan bisa dilaksanakan atau bisa dipenuhi oleh tenaga lokal saja” Pinta Askiman.

Terkait dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) di Sintang berjumlah 20 orang, Itu jumlah riil terkini. “Kami akan lakukan sosialisasi di lapangan terbuka di kecamatan yang ada kawasan transmigrasinya, Sosialisasi ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona” tambah Wabup Sintang.

Sementara itu, Gunardi Kabid Pengembangan Perkebunan Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Sintang menghimbau agar perkebunan sawit yang ada pabrik untuk mohon kiranya di dalam pabrik tetap menjalankan protokol kesehatan.

“karena dalam aktivitasnya ada pergerakan orang disana seperti supir, kernet dan para pekerja” terang Gunardi.

Oleh sebab itu kata Gunardi, mari kita sama-sama membantu pemerintah dalam memerangi Covid-19 ini agar covid-19 ini cepat berakhir dan kita bisa melakukan aktivitas kita dengan normal, ucap Gunardi. (*)